Ia tetap mendedikasikan hidupnya untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa lewat cara mengajar di kampus UI
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya ekonom Faisal H Basri pada Kamis 5 September 2024.

Selain sebagai ekonom Faisal H Basri dikenal juga karena kontribusinya dalam  bidang politik.

"Ia tetap mendedikasikan hidupnya untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa lewat cara mengajar di kampus UI," kata Kepala Biro Humas dan KIP (Keterbukaan dan Informasi Publik) UI Amelita Lusia, di Kampus UI Depok, Kamis.

Faisal Basri mengabdikan diri sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI sejak tahun 1981, mengajar berbagai mata kuliah seperti Ekonomi Politik, Ekonomi Internasional, Ekonomi Pembangunan, dan Sejarah Pemikiran Ekonomi.

Baca juga: Indef: Faisal Basri menginspirasi dengan analisis yang tajam

Faisal juga berbagi ilmunya di Program Magister Akuntansi (MAKSI), Program Magister Manajemen (MM), Program Magister Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (PNPM), serta Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Pada usianya yang ke-64 tahun, Faisal Basri telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam bidang ekonomi dan politik Indonesia.

Kiprah Faisal H Basri di dunia ekonomi telah dimulai sejak ia bergabung sebagai anggota tim Pembangunan Ekonomi Dunia di bawah Asisten Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Kedua pada tahun 1985-1987.

Ia pun pernah mendapat kepercayaan saat ditunjuk menjadi anggota Tim Bantuan Presiden untuk Urusan Ekonomi (2000), sebuah pengakuan atas pemikiran dan kontribusinya yang mendalam terhadap pembangunan ekonomi Indonesia.

Kecintaan Faisal Basri terhadap pendidikan juga ditunjukkan saat ia menjabat sebagai Kepala Departemen Ekonomi dan Studi Pembangunan UI (1995-1998) dan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Jakarta (1999-2003).

Baca juga: Indef: Faisal Basri menginspirasi dengan analisis yang tajam

Sebagai salah seorang pendiri Institut Pengembangan Ekonomi dan Keuangan (INDEF), Faisal Basri turut berkontribusi dalam pembangunan ekonomi bangsa melalui penelitian dan pengembangan kebijakan yang berdampak luas.

Sebagai keponakan dari mantan Wakil Presiden RI Adam Malik, Faisal Basri tumbuh dalam lingkungan yang mengajarkan nilai-nilai kepemimpinan dan pengabdian.

Lahir pada 6 November 1959, Faisal menempuh pendidikan sarjananya di FEB  UI dan kemudian meraih gelar Master of Arts dalam bidang ekonomi dari Vanderbilt University, Nashville, Tennessee, AS pada tahun 1988.

Sejak saat itu ia terus mendedikasikan dirinya untuk kemajuan bangsa melalui pendidikan dan penelitian.

"Keluarga besar UI turut mendoakan agar almarhum diterima di sisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta kesabaran dalam menghadapi kehilangan ini," katanya.

Baca juga: Ekonom Indef: Sosok Faisal Basri jadi inspirasi bagi peneliti muda
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024