Jakarta (ANTARA) - Edy Pratowo adalah calon wakil gubernur (Cawagub) Kalimantan Tengah yang didukung oleh lima partai politik dalam Pilgub Kalimantan Tengah 2024.

Ia maju bersama Agustiar Sabran yang menjadi calon gubernur (Cagub). Kelima partai yang mengusung pasangan ini adalah Partai Gerindra, PAN, PKS, PSI, dan PKN.

Edy Pratowo memiliki karier yang cukup panjang di dunia politik. Ia memulai jejak politiknya pada tahun 1999 dengan menjabat sebagai anggota DPRD Kapuas.

Kiprahnya di badan legislatif daerah berlanjut saat ia terpilih menjadi anggota DPRD Pulang Pisang di tahun 2023 dan menjadi ketua DPRD Pulang Pisang pada tahun 2004.

Setelah sukses di legislatif, Edy Pratowo menjabat sebagai Wakil Bupati Pulang Pisau untuk periode 2008-2013.

Kesuksesannya dalam memimpin daerah tersebut membuatnya terpilih sebagai Bupati Pulang Pisau selama dua periode, yaitu 2013-2018 dan 2018-2021.

Pengalamannya sebagai kepala daerah membawa Edy Pratowo ke panggung politik yang lebih besar, dengan menjadi Wakil Gubernur Kalimantan Tengah sejak tahun 2021 hingga saat ini.

Selain karier politiknya, Edy Pratowo juga aktif di partai politik, ia menjabat sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Pulang Pisau dari tahun 2009 hingga 2015.

Dalam hal pendidikan, Edy menempuh pendidikan di Universitas Islam Kalimantan dan STIE Mahardika Surabaya.

Sukses menjabat sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Tengah bersama Sugianto Sabran, Edy Pratowo kini kembali maju dalam Pilgub Kalimantan Tengah 2024, kali ini berpasangan dengan Agustiar Sabran, yang merupakan kakak kandung dari Sugianto Sabran.

Agustiar dan Edy bertekad untuk mewujudkan visi mereka dan membawa perubahan yang signifikan bagi Kalteng.

Baca juga: Profil Hasnuryadi Sulaiman, Cawagub Kalsel dalam Pilkada 2024

Baca juga: Profil Seno Aji, cawagub Kaltim Pilkada 2024 dampingi Rudy Mas'ud

Baca juga: Profil Habib H Said Ismail bin Yahya, Cawagub Kalteng 2024

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024