Jakarta (ANTARA) - Seno Aji merupakan salah satu nama yang sedang belakangan ini menjadi sorotan, usai dirinya resmi maju sebagai calon wakil gubernur (cawagub) mendampingi Rudy Mas'ud pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalimantan Timur 2024.

Pasangan ini maju Pilkada 2024 setelah mengantongi dukungan dari sejumlah partai politik, yang terdiri dari Partai Golkar, Nasdem, PKB, Gerindra, Buruh, PKS, PKN, Garuda, PAN, PBB, PSI, dan PPP.

Lahir di Semarang pada 12 November 1971, Seno Aji merupakan politikus Gerindra, kemudian menjadi Sekretaris DPD Gerindra Kaltim.

Pada Pemilu 2019, ia sukses merebut kursi DPRD Provinsi Kalimantan Timur mewakili daerah pemilihan 4, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara dari Fraksi Partai Gerindra.

Kemudian ia dipercaya sebagai Wakil Ketua II DPRD Kaltim sisa masa jabatan 2019-2024 menggantikan Wakil Ketua sebelumnya yang dijabat oleh Andi Harun karena telah menduduki kursi Walikota Samarinda.

Pada Pemilu 2024 Seno Aji kembali berhasil mengamankan kursi Gerindra di DPRD Kaltim untuk periode 2024-2029, mengumpulkan suara terbanyak di daerah pemilihannya, Kutai Kartanegara yakni 25.293 suara.

Perjalanan karier politik Seno Aji saat ini, bermula ketika dirinya merantau ke Kalimantan Timur, usia menyelesaikan studinya dari perguruan tinggi sebagai lulusan Teknik Geologi.

Hal ini lantaran pada tahun 1995, ia bekerja sebagai ahli geologi di sebuah perusahan pertambangan emas di Kutai Barat. Kemudian pada tahun 2006, ia memutuskan untuk memindahkan keluarganya dari Semarang ke Samarinda, memulai bisnis di bidang pertambangan serta alat berat.

Jabatan Seno Aji di DPRD Kaltim
-Wakil Ketua Pimpinan Dewan
-Wakil Ketua Badan Musyawarah
-Wakil Ketua Badan Anggaran
-Anggota Fraksi Gerindra

Baca juga: Profil Raudhatul Jannah "Acil Odah", cawagub Kalsel di Pilkada 2024

Baca juga: Profil Hadi Mulyadi, cawagub Kalimantan Timur di Pilkada 2024

Baca juga: Profil Muhidin, calon gubernur Kalsel dalam Pilkada 2024

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024