Jakarta (ANTARA) - Habib H Said Ismail bin Yahya merupakan calon wakil gubernur (cawagub) yang diusung untuk mendampingi Willy Midel Yoseph (WMY) dalam Pilkada Kalimantan Tengah 2024. Pengalaman politik dan kepemimpinannya selama bertahun-tahun, baik di legislatif maupun eksekutif, menjadikannya sosok yang matang dan berpengaruh dalam ranah perpolitikan daerah.

Lahir pada 4 desember tahun 1970, Habib Ismail bin Yahya adalah seorang tokoh agama sekaligus politisi di Kalimantan Tengah.

Habib mengawali karier politiknya sebagai anggota DPRD Kalimantan Tengah pada periode 2009-2014 lalu melanjutkan kariernya di dunia politik sebagai DPD RI periode 2014-2015.

Sejak 26 September 2020, Ia ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah menggantikan Sugianto Sabran yang mengikuti tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 pada 9 Desember 2020.

Tidak hanya itu Habib Ismail Bin Yahya juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB wilayah Kalimantan Tengah periode 2021-2026.

Habib merupakan seseorang yang aktif dalam organisasi bidang keagamaan. Riwayat organisasi yang pernah diikutinya yaitu Pendiri dan Pembina Majelis Taklim Balghaist Alwasilah dan Ketua DPW Partai PKNU Kalimantan Tengah.

Saat ini ia diusung oleh tiga partai politik yaitu Nasdem, PKB dan PBB untuk maju mengikuti pilgub Kalteng 2024.

Habib H Said Ismail bin Yahya (Cawagub) dan Willy Midel Yoseph (Cagub) fokus pada isu-isu strategis seperti permasalahan sawit dan program Food Estate, dengan visi untuk memastikan masyarakat mendapatkan manfaat atas tanah mereka sendiri.


Baca juga: Profil Willy Midel Yoseph bakal Cagub Kalteng 2024

Baca juga: Profil Agustiar Sabran, cagub Kalteng untuk Pilkada 2024

Baca juga: Profil Nadalsyah "Koyem" cagub Kalteng untuk Pilkada 2024

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024