Istanbul (ANTARA) - Turki dan Mesir pada Rabu (4/9) menyerukan pengakuan internasional yang lebih luas atas kedaulatan negara Palestina.

Dalam sebuah deklarasi bersama setelah pertemuan pertama Dewan Kerjasama Strategis Tingkat Tinggi Turki-Mesir, Ankara dan Kairo menegaskan kembali dukungan kuat mereka untuk mengakhiri pendudukan Israel di wilayah Palestina.

Turki dan Mesir juga menekankan dukungan atas hak rakyat Palestina untuk mendirikan negara yang merdeka dan berdaulat dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, berdasarkan perbatasan tahun 1967.

Mereka juga menggarisbawahi komitmen untuk melindungi hak pengungsi Palestina untuk kembali ke tanah air mereka.

Deklarasi tersebut menegaskan pentingnya mendukung kedaulatan dan stabilitas Irak, serta menyoroti dukungan Turki dan Mesir terhadap upaya pembangunan dan rekonstruksi Irak.

Deklarasi ini juga menyatakan bahwa kedua negara menegaskan kembali komitmen mereka untuk mendukung proses politik yang dipimpin dan dimiliki oleh rakyat Libya, di bawah fasilitasi PBB, dengan tujuan menjaga keamanan, stabilitas, integritas teritorial, dan persatuan politik Libya.

Turki dan Mesir juga menegaskan pentingnya mencapai perdamaian, keamanan, dan stabilitas di Tanduk Afrika.

Kedua negara juga mendorong terjalinnya hubungan bertetangga yang baik dan persahabatan, serta menghormati integritas teritorial dan kedaulatan masing-masing negara di Tanduk Afrika.

Menyoroti kekhawatiran atas konflik yang sedang berlangsung di Sudan yang telah menyebabkan krisis kemanusiaan yang menghancurkan di seluruh negeri dan kawasan tersebut, Turki dan Mesir menyambut baik upaya penyelesaian krisis ini secara damai dan mendukung inisiatif diplomatik bersama dalam hal ini, demikian isi deklarasi tersebut.

Dengan mengulangi komitmen bersama mereka untuk menemukan solusi yang abadi dan komprehensif terhadap konflik di Suriah, kedua negara menekankan pentingnya kedaulatan dan integritas teritorial Suriah sesuai dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2254.

Deklarasi bersama ini juga menekankan pentingnya memerangi segala bentuk dan manifestasi terorisme.

Menegaskan pentingnya bantuan kemanusiaan dan proyek pengembangan dini bagi rakyat Suriah, pernyataan tersebut menyerukan kepada komunitas global untuk melanjutkan upaya tersebut pada tingkat yang "memadai."

Sumber : Anadolu-OANA
​​​​​​​
Baca juga: Ratusan warga Gaza pengungsi sekolah tewas diserang Israel
Baca juga: UNRWA sebut ratusan pengungsi tewas saat berlindung di bawah PBB
Baca juga: Kamp pengungsi di Gaza tengah digempur Israel 63 kali dalam sepekan


Penerjemah: Primayanti
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024