Jakarta (ANTARA) - Petenis Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi harus puas hanya membawa pulang satu poin peringkat internasional dari Bali setelah tersingkir pada babak kedua Amman Mineral Men’s World Tennis Championship, Rabu.

Bertanding di Bali National Tennis Center, Nusa Dua, Rifqi takluk di tangan petenis Australia Sam Ryan Ziegann dalam laga berdurasi satu jam 21 menit dengan skor akhir 4-6, 4-6.

"Lawan bermain sangat bagus hari ini. Meskipun sering juga double fault, servisnya hampir selalu masuk di momen-momen krusial," kata Rifqi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Merujuk catatan statistik, Ziegann sukses melesakkan tujuh ace. Sekalipun melakukan enam double fault, petenis yang lolos dari kualifikasi itu tetap mampu merawat servisnya, yakni 76 persen (29/37) servis pertama dan 55 persen (12/22) servis kedua.

Rifqi hanya mampu mencatatkan sekali break dari tiga kali percobaan. Pertahanannya terbilang sangat rapuh, dengan tiga servisnya terpatahkan.

Dengan hasil itu, Rifqi hanya meraih satu poin peringkat dari dua pekan kejuaraan di Bali. Hasil dari kemenangan babak pertama atas Bogan Bobrov, 4-6, 6-4, 6-1.

Baca juga: Rifqi Fitriadi bersiap untuk babak 16 besar ITF M25 Bali

Capaian tersebut lebih baik dari hasil pekan pertama, tunggal putra terbaik bangsa kandas pada babak pembuka. Di lapangan yang sama, ia menyerah di tangan unggulan ketiga Andre Ilagan (AS), 4-6, 0-6.

"Petenis Indonesia, tak hanya aku sendiri, butuh lebih banyak turnamen internasional. Untuk mendapat poin, perlu menambah jam terbang karena aku bersyukur dengan adanya lapangan di Nusa Dua ini. Kualitasnya pun setara Australia Open," ujar Rifqi.

Sementara itu, tiga unggulan teratas kejuaraan level Federasi Tenis Dunia (ITF) M25 itu masih melenggang mulus. Unggulan pertama sekaligus juara pekan pertama Omar Jasika menumbangkan petenis Belgia Tibo Colson. Wakil Australia itu unggul dua set, 6-2, 6-3.

Unggulan kedua asal Negeri Kangguru James McCabe membalikkan keadaan atas petenis Italia Lorenzo Lorusso 3-6, 7-6(4), 6-3. Unggulan ketiga Jay Clarke mengatasi finalis pekan pertama Max Basing dalam duel sesama wakil Britania 6-4, 6-4.

Dengan total hadiah 25.000 dollar AS atau sekitar Rp400 juta, kejuaraan khusus bagi petenis putra itu merupakan turnamen tertinggi di Tanah Air sejauh ini.

Direktur Turnamen Amman Mineral Men’s World Tennis Championship 2024, Lani Sardadi mengatakan telah berencana menggelar turnamen berlevel lebih tinggi, yaitu ATP Challenger 75K.

Baca juga: Empat wakil Indonesia tampil di turnamen internasional ITF M25 Bali

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024