Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 10 tim akan bersaing di kompetisi Livoli Divisi Utama 2024 yang dijadwalkan berlangsung pada 22 Oktober hingga 23 November di tiga kota/kabupaten.

Kompetisi Livoli Divisi Utama untuk putaran reguler pertama berlangsung di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 22-27 Oktober. Sedangkan putaran reguler kedua di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pada 29 Oktober hingga 3 November.

Selanjutnya, babak final four berlangsung di Surabaya pada 14-20 November. Lalu untuk babak grand final berlangsung di Surabaya dan dijadwalkan pada 22-23 November.

"Tahun ini pesertanya menjadi sepuluh klub, sedangkan musim lalu delapan klub," kata Ketua Bidang Pertandingan dan Kompetisi PP PBVSI Reginald Nelwan dikutip dari keterangan resmi, Rabu.

Sedangkan untuk tahun depan, lanjut Regi, jumlah peserta akan kembali bertambah menjadi 12 tim, baik putra maupun putri. Sehingga untuk tim promosi dari divisi satu ke divisi utama menjadi empat tim.

"Sama seperti tahun lalu, tim promosi ke divisi utama juga empat tim. Sedangkan yang degradasi dari divisi utama ke divisi satu dua tim," lanjut Regi.

Pada pertemuan yang dihadiri seluruh klub peserta divisi utama 2024 itu juga dilakukan undian pembagian pul. Untuk Pul A putra dan Pul EE putri akan dilangsungkan di Kabupaten Bogor. Sedangkan Pul B (putra) dan Pul DD (putri) berlangsung di Kabupaten Bojonegoro.

Baca juga: Indonesia runner up SEA V League putaran pertama usai bekuk Vietnam

Dari hasil undian, Pul A terdiri dari juara bertahan BIN Pasundan, TNI AU, DPUPR Rafabinar Semen Grobogan, tim promosi Divisi Satu 2023, Singo Yudha Kutai Barat dan Yuso Yogyakarta.

Sedangkan untuk di Pul B dihuni oleh LavAni, Indomaret, Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi, dan dua tim promosi Divisi Satu 2023, Ganevo serta Eka Mandiri.

Sementara itu, di sektor putri Pul EE terdiri dari TNI AU, Bank Jatim, BIN O2C, serta dua tim promosi, Yuso dan Lombok Electric PLN. Sedangkan di Pul DD diisi antara lain juara bertahan Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia, Popsivo Polwan, serta dua tim promosi, Bandung Tectona serta Jenggolo Sport Sidoarjo.

Menurut Regi, dari setiap pul nantinya, baik putra maupun putri, akan ada satu tim yang terkena degradasi. Untuk pendaftaran pemain,  tim maksimal mendaftarkan 18 pemain yang dimulai pada 5 September hingga 18 Oktober.

Baca juga: Tim voli putra Indonesia incar gelar juara SEA V League 2024
Baca juga: Indonesia raih peringkat keempat AVC U-20

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024