Jakarta (ANTARA) - Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola Ruas Tol Dalam Kota (Cawang-Tomang-Pluit) terus mengupayakan peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan tol di bidang transaksi, lalu lintas dan pemeliharaan.

Hal itu disampaikan Senior Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad Plaza Tol Cililitan Jakarta, Ginanjar Bekti R dalam keterangan tertulis di Jakarta pada Rabu.

Dia menjelaskan bahwa ruas Tol Lingkar Dalam Jakarta (Inner Ring Road) merupakan urat nadi ekonomi yang menjadi tumpuan lalu lintas orang maupun jalur commuter masyarakat menuju atau dari tempat kerja, niaga, hiburan dari dan ke Jakarta.

Selain itu, ruas tol ini sebagai Jalur VIP (kepala negara, pemerintah serta tamu negara) serta akses menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priok sehingga berperan penting dalam percepatan pergerakan orang dan barang dari dan keluar Jabodetabek.

Peningkatan layanan di bidang transaksi antara lain peningkatan kapasitas transaksi dengan menyediakan 32 unit Mobile Reader untuk mempercepat waktu transaksi. Selanjutnya implementasi dan pengembangan transaksi "Single Lane Free Flow" (SLFF).

Baca juga: JTD berlakukan tarif Tol Dalam Kota Jakarta mulai 9 September
Baca juga: Kendaraan berat dilarang masuk Tol Dalam Kota selama KTT ASEAN


Kemudian peningkatan kapasitas tansaksi yang terdiri dari 19 gerbang tol dengan gardu operasi sebanyak 84 gardu yang terdiri dari 48 Gardu Tol Otomatis (GTO) Single dan 36 GTO Multi.

Selain itu, pada bidang layanan lalu lintas dilakukan pemasangan "Dynamic Message Sign" (DMS) pada akses sebanyak satu unit, DMS Mobile tiga unit, DMS Gerbang Tol 16 unit dan DMS lajur sebanyak lima unit.

Selanjutnya pemasangan satu "speed camera" dan 262 CCTV serta pemeliharaan sarana keselamatan lalu lintas dengan jumlah kendaraan operasional sebanyak 29 armada.

Sementara dalam hal layanan konstruksi, dilakukan pekerjaan pemeliharaan periodik (scrapping, filling dan overlay), pemeliharaan 
Penerangan Jalan Umum (PJU) serta pekerjaan beautifikasi dan penataan lansekap.
​​​​​​​
Lalu pekerjaan pemeliharaan rambu, "Median Concrete Barrier" (MCB) Guardrail, Reflector dan pengaman jalan tol serta pekerjaan pembuatan tanggul dan saluran.

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024