Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengemukakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) difasilitasi dengan beragam kendaraan operasional kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Hal itu disampaikan Yusuf Permana menanggapi kendaraan Toyota Innova Zenix dengan pelat nomor RI 1 yang ditumpangi Presiden Jokowi di tengah agenda kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta.

"Fortuner juga sering digunakan saat kunjungan kerja ketika medan-nya berat. Artinya berganti kendaraan adalah hal yang biasa kami lakukan," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu malam.

Yusuf menambahkan bahwa Presiden Jokowi akan menggunakan mobil Innova Zenix lagi keesokan harinya.

Ia menjelaskan bahwa penggunaan kendaraan seperti Innova sering dilakukan untuk kegiatan tertentu yang bersifat incognito atau penyamaran.

Baca juga: Presiden Jokowi gunakan mobil Innova Zenix seperti Paus Fransiskus

Baca juga: Paus titip pesan ke Jokowi sampaikan salam ke anak muda Indonesia


Mengenai keamanan, Yusuf Permana menegaskan bahwa tim Pengamanan Presiden selalu berkoordinasi dengan tim pengamanan wilayah untuk memastikan keselamatan Presiden selama perjalanan.

Seperti diketahui, kendaraan serupa juga digunakan pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus, selama berkunjung ke Indonesia.

Perbedaan dari dua kendaraan itu ada pada corak warna dan pelat nomor kendaraan. Presiden Jokowi menggunakan warna hitam berpelat RI 1, sementara Paus Fransiskus menggunakan warna putih berpelat SCV 1.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024