Sebagai wujud kerja sama tersebut, Presiden Zanzibar akan membuat nama Jalan Pulau Bali di Zanzibar sebagai bentuk apresiasi terhadap Bali
Denpasar (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali Sementara Dewa Made Mahayadnya bertemu dengan Presiden Zanzibar Hussein Ali Mwinyi untuk membahas hal terkait pariwisata, ketenagakerjaan dan pendidikan.

"Pariwisata Bali berbasis budaya dengan didukung oleh sejumlah regulasi di antaranya ada Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Desa Adat," kata Dewa Mahayadnya dalam keterangan tertulisnya di Denpasar, Rabu.

Pria yang biasa disapa Dewa Jack itu dalam pertemuan dengan Presiden Zanzibar yang berlangsung di Kabupaten Badung, Bali, pada Selasa (3/9) menyampaikan secara detail bagaimana cikal bakal pariwisata Bali dengan perkembangannya hingga kemajuan pariwisata Bali yang dikenal di seluruh penjuru dunia.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas terkait pengelolaan sampah dan lingkungan serta budaya di Bali.

Dewa Jack juga menyinggung banyak pengalaman bekerja di dunia pariwisata, selain sebagai pengusaha, juga memiliki pengalaman panjang sebagai pekerja di kapal pesiar.

Penjelasannya pun disampaikan tanpa mempergunakan penerjemah karena ia fasih dalam berbahasa Inggris.

Sementara itu, Presiden Zanzibar Hussein Ali Mwinyi berharap ada kerja sama yang bisa dibangun dengan Bali sehingga pihaknya bisa melakukan pengembangan pariwisata di negaranya dan memiliki kemajuan yang sama seperti kemajuan pariwisata yang ada di Bali.

"Sebagai wujud kerja sama tersebut, Presiden Zanzibar akan membuat nama Jalan Pulau Bali di Zanzibar sebagai bentuk apresiasi terhadap Bali," ucapnya.

Hussein pun sangat mengharapkan di Provinsi Bali ada nama Jalan Zanzibar karena banyak juga warga Bali sebagai tenaga migran bekerja di Zanzibar.

Presiden Zanzibar juga memiliki keinginan besar untuk melakukan pengembangan pariwisata di negaranya seperti yang telah berhasil dikembangkan oleh Bali.

Selain pengembangan pariwisata, ia pun berkeinginan untuk meniru penataan lingkungan masyarakatnya, pengelolaan sampah sehingga bisa menjadi daerah tujuan wisata dunia seperti Bali.

Hussein berharap dapat membangun kerja sama yang mampu meningkatkan pengetahuan kedua pihak atas contoh baik pengelolaan pariwisata berkelas dunia yang berkelanjutan.

Tak kalah pentingnya, dapat memberikan manfaat besar meningkatkan pendapatan masyarakatnya dan peningkatan pendapatan negara dari pariwisata.

Sebelum bertemu Presiden Zanzibar, Dewa Jack didampingi Sekretaris DPRD Bali I Gede Indra Dewa Putra mengadakan pertemuan bersama peserta jajaran Sekretariat DPRD Provinsi Bali.

Dalam rapat tersebut membahas sejumlah jadwal yang berkaitan dengan rencana kegiatan seiring pembentukan alat kelengkapan dewan di DPRD Bali. Diantaranya rencana pembentukan komisi dan pimpinan komisi, Bapemperda, fraksi dan tata tertib di DPRD Bali dan lainnya.

Baca juga: DPRD Bali rekomendasikan intensifikasi pendapatan untuk tutup defisit
Baca juga: DPRD Bali sampaikan Raperda Perlindungan dan Pemberdayaan Peternak

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024