Jakarta (ANTARA) - Aktris Yunita Siregar mengaku rajin naik transportasi umum demi mendalami peran Kaluna dalam film barunya berjudul "Home Sweet Loan" yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Almira Bastari.

"Kalau riset khusus, aku sama Kak Sab (Sutradara 'Home Sweet Loan') pernah keliling Jakarta pakai transportasi umum karena aku cukup jarang naik transportasi umum di rush hour," kata Yunita saat ditemui dalam acara perilisan poster dan trailer film "Home Sweet Loan" di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu.

Dalam film tersebut, Yunita berperan sebagai Kaluna, seorang pekerja dari kalangan menengah yang masih tinggal bersama orang tua dan kakak-kakaknya yang sudah berkeluarga.

Kaluna digambarkan sebagai anak perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga dan hidup sederhana.

Baca juga: Film "Home Sweet Loan" siap tayang di bioskop mulai 26 September 2024

Baca juga: Novel "NKCTHI" akan diangkat jadi film


Oleh karena itu, Yunita berusaha untuk mendalami keseharian Kaluna sebagai pekerja di Kota Jakarta, salah satunya dengan menaiki transportasi umum KRL (Kereta Rel Listrik).

"Aku pengen tahu gimana lagi macet-macetnya itu naik kendaraan umum itu gimana, kondisi orang-orang capek dan desak-desakan itu seperti apa," kata perempuan berusia 30 tahun itu.

Selain eksplorasi secara khusus, Yunita juga berusaha membiasakan diri untuk menaiki transportasi umum selama proses produksi dilakukan. Misalnya, naik KRL dan MRT saat menuju lokasi syuting atau kantor.

"Jadi, aku juga mengamati di sekitar aku sih, misalnya kalau orang yang udah biasa naik transportasi umum mereka bisa berdiri tanpa pegangan dan stabil," katanya.

Sebelum pandemi terjadi, Yunita mengaku sering menggunakan transportasi umum. Namun, gaya hidup tersebut menjadi berubah ketika pandemi datang dalam kurun waktu empat tahun terakhir, sehingga Yunita tidak terlalu sering menggunakan transportasi umum.

"Sekarang jadi terbiasa dan sudah kebangun habit baru untuk pakai transportasi pribadi, belum sempat lagi untuk bisa naik transportasi umum," kata Yunita.

"Sebenarnya naik transportasi umum lebih efisien, tapi barang bawaanku banyak jadi repot kalau harus naik itu (transportasi umum)," tutupnya.

Sementara itu, film "Home Sweet Loan" yang dibintangi oleh Yunita Siregar mengisahkan tentang Kaluna yang berusaha keras untuk menabung dan hidup sederhana guna mewujudkan impiannya membeli dan memiliki rumah sendiri.

Namun, realitas hidupnya sebagai sandwich generation yang harus membiayai hidup keluarga besarnya, ditambah penghasilannya yang minim, membuat impiannya sulit terwujud.

Kondisi ini membuat Kaluna merasa seperti tidak sedang berada di rumah setiap kali dia pulang. Akankah Kaluna berhasil menemukan "rumah" untuknya kembali pulang?

Film "Home Sweet Loan" dibintangi oleh Yunita Siregar, Derby Romero, Risty Tagor, Fita Anggriani, Ayushita, Ariyo Wahab, dan Wafda.

Nantikan penayangan "Home Sweet Home" di bioskop Indonesia mulai 26 September 2024.

Baca juga: Jakarta World Cinema 2024 digelar secara luring dan daring

Baca juga: Komite FFI dukung sineas muda tingkatkan kualitas produksi film

Baca juga: Laba bersih Cinema XXI naik 96,7 persen jadi Rp424,5 miliar

 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024