Kondisi kebakaran tersebut terpantau kamera pengawas pos pengamatan Gunung Api Tangkuban Perahu beberapa saat yang lalu
Jakarta (ANTARA) - Kawasan hutan wisata Gunung Tangkuban Perahu, di perbatasan Kabupaten Bandung Barat - Subang, Jawa Barat terpantau oleh petugas pos pengamatan gunung api Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengalami kebakaran cukup besar pada Rabu.

Kepala Badan Geologi M Wafid dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa kondisi kebakaran tersebut terpantau kamera pengawas pos pengamatan Gunung Api Tangkuban Perahu beberapa saat yang lalu.

Baca juga: Waspada karhutla, BMKG: Titik panas Kalbar melonjak ada 2.015 titik

Petugas pos pengamatan mendapati asap putih dan pijar merah api kebakaran terlihat menyala berlokasi di atas kawah baru atau dekat dengan Upas Hills.

Menurut dia, kondisi tersebut dibenarkan melalui konfirmasi pihak pengelola wisata alam Gunung Tangkuban Perahu PT GRPP dan warga, bahwa telah terjadi kebakaran hutan wisata di titik yang sama sesuai pengamatan kamera pengawas.

Secara rinci lokasi kebakaran belum diketahui pasti. Namun Wafid menyebutkan, sampai saat ini masyarakat dan pihak terkait termasuk pengelola taman wisata alam masih berupaya melakukan pemadaman api kebakaran tersebut.

Badan Geologi memastikan kebakaran tersebut tidak mengganggu stasiun pemantauan gunung api Tangkuban Parahu dikarenakan lokasinya berjauhan dari lokasi kejadian. Begitupun kondisi gunung api berketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut itu dipastikan normal.

Baca juga: BPBD Lumajang bantu padamkan karhutla di kawasan TNBTS 

Kenormalan itu dijelaskan berdasarkan pemantauan secara visual kondisi Kawah Ratu dan Kawah Ecoma Gunung Takupan Perahu yang tidak terlihat anomali hembusan asap kawah dibandingkan dengan pengamatan sebelumnya pada pukul 14.27 WIB.

Aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu secara kegempaan masih didominasi oleh gempa-gempa berfrekuensi rendah yang mengindikasikan aktivitas pergerakan fluida di kedalaman dangkal atau dekat permukaan.

Sedangkan jenis gempa vulkanik yang berasosiasi dengan suplai magma belum menunjukkan tingkat kejadian yang signifikan atau rata-rata terjadi kurang dari satu kejadian per hari.

Hasil pemantauan deformasi dengan peralatan Tiltmeter maupun Electronic Distance Measurement (EDM) pada bulan ini belum menunjukkan adanya pola penambahan tekanan yang signifikan dari bawah permukaan terhadap respon penggembungan pada tubuh Gunung Tangkuban Parahu.

Baca juga: DLHK NTB: Luas lahan terbakar di kaki Gunung Rinjani capai 286 hektare

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024