Jakarta (ANTARA) -
Pengelola Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, menyiapkan kantong parkir bagi umat Katolik yang akan mengikuti misa akbar Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9).
 
Terminal ini menjadi salah satu titik penampungan dan pemberangkatan ribuan umat Katolik yang akan menghadiri misa tersebut.
 
Kasubag Tata Usaha (TU) Unit Pengelola Terminal Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Yusrizalsyah ketika dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan area kantong parkir untuk menampung kedatangan ribuan jemaat umat Katolik dari berbagai daerah.
 
"Mereka datang menggunakan bus dan nantinya setibanya di Terminal Kampung Rambutan akan diantar menggunakan bus lainnya," katanya.

Baca juga: Besok, karyawan di sekitar Istiqlal hingga GBK diimbau WFH
 
Di Jakarta Timur terdapat dua titik keberangkatan ribuan jemaat yang akan menghadiri misa akbar di GBK, yakni di Terminal Bus Kampung Rambutan akan diberangkatkan 100 armada bus dan di kantor PT TransJakarta 
yang akan memberangkatkan 200 armada.
 
"Ada dua titik keberangkatan jemaat umat Katolik yang akan menuju ke GBK besok. Yakni di Terminal Bus Kampung Rambutan dan di kantor PT TransJakarta," kata Yusrizalsyah.
 
Menurut dia, proses pemberangkatan jemaat dari Terminal Bus Kampung Rambutan pada Kamis (5/9). Ribuan jemaat dari berbagai daerah itu tiba di terminal mulai dari pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB karena pelaksanaan misa akbar diperkirakan dimulai pukul 17.00 WIB.
 
Terminal Kampung Rambutan hanya menyiapkan area untuk menampung kedatangan 100 bus yang membawa ribuan jemaat Katolik. Sedangkan armada yang digunakan untuk mengangkut jemaat menuju GBK, belum diketahui apakah menggunakan bus TransJakarta atau tidak.

Baca juga: "Kicir-Kicir" sambut Paus di Katedral
 
Kondisi "pool" bus TransJakarta di Terminal Bus Kampung Rambutan pada sore ini masih terdapat sekitar 30 bus TransJakarta berwarna orange.
 
Rencananya, malam ini seluruh bus tersebut dikeluarkan dari area "pool" karena area tersebut harus steril dari bus dan keesokan paginya akan digunakan untuk menampung bus pengangkut jemaat umat Katolik.
 
Untuk keamanan kedatangan jemaat di area terminal, pihaknya sudah koordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya untuk membantu pengamanan. Namun belum diketahui kekuatan personel yang disiagakan.
Baca juga: Pernak-pernik Paus laris manis saat kedatangan Paus di Katedral 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024