Makassar (ANTARA) - Tim mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meraih medali emas dalam ajang International Science Project Competition (ISPC) 2024.

Tim Unhas terdiri atas lima mahasiswa yang tergabung dalam unit kegiatan Forum Studi Ilmiah (Fosil) Fakultas Peternakan, yakni Muh Adjie Putra Pratama, Dwi Ananda Febryan, Aisyah Amir, Nadiya Zhafira, dan Mur Aldi M.

Ketua tim Unhas Muh Adjie Putra Pratama di Makassar, Rabu, mengatakan timnya mengusung inovasi "OMAFEED: Layer Feed Innovation from Shrimp Shell Waste, Maggot and Indigofera Leaves Enriched with Probiotics to Produce Eggs High in Omega 3".

OMAFEED adalah pakan ayam yang terbuat dari limbah kulit udang, maggot, dan daun indigofera yang diperkaya dengan probiotik.

"Produk ini dirancang untuk meningkatkan kualitas telur dengan kandungan omega-3 yang lebih tinggi, sekaligus memanfaatkan bahan baku yang melimpah dan berkontribusi terhadap keberlanjutan industri pakan ternak,” ujarnya.

Kompetisi ISPC berlangsung dari Juli hingga September 2024, mencakup beberapa tahap mulai dari registrasi, pengiriman proposal, penilaian, hingga awarding. Ajang ini dilakukan secara hybrid, dengan sebagian peserta mengikuti secara daring dan sebagian lainnya secara luring di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Ia menjelaskan, saat menghadapi persaingan ketat dengan tim-tim lain, tim OMAFEED harus memastikan proyek mereka memenuhi standar internasional, mulai dari metodologi penelitian hingga penyajian hasil.

Dukungan dari kampus, termasuk pendanaan dan fasilitas ruang presentasi, memainkan peran penting dalam keberhasilan mereka.

“Meraih medali emas di kompetisi bergengsi seperti ISPC tentunya menjadi pencapaian luar biasa bagi tim kami. Kesuksesan di ISPC bisa menjadi motivasi bagi tim kami untuk terus mengembangkan ide dan proyek lebih lanjut atau terlibat dalam penelitian-penelitian lain di masa depan,” ujar Adjie.

ISPC merupakan kompetisi sains internasional bergengsi yang diselenggarakan melalui kerja sama antara Ikatan Ilmuwan Muda Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

ISPC bertujuan menumbuhkan minat dan motivasi terhadap sains di kalangan generasi muda di seluruh dunia, dengan peserta yang datang dari berbagai negara dan berlatar belakang pendidikan serta riset yang beragam.

Baca juga: Menteri Pertanian bawa kabar gembira bagi Unhas

Baca juga: Rektor: Seminar 4 Etos Jusuf ajang mendalami karakter Bugis-Makassar

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024