Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Mawardi Yahya dan Anita Noeringhati resmi maju pada Pilkada Sumsel 2024 setelah mengantongi dukungan dari beberapa partai, seperti Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Mawardi Yahya-Anita Noeringhati juga didukung oleh Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Hanura, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Anita Noeringhati selaku cawagub, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Sumsel telah resmi mundur dari posisinya.

Politisi wanita yang lahir di Klaten, Jawa Tengah pada 28 Juli 1963 ini memulai karier politiknya sebagai anggota DPRD Sumatra Selatan, kemudian di periode keduanya, ia dipercaya sebagai Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumatra Selatan periode 2014 sampai 2019.

Selain itu, ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V hingga akhirnya dipercaya menjadi Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Selatan oleh Golkar.

Ia merupakan wanita pertama yang menduduki posisi tersebut. Penunjukannya sebagai Ketua Komisi IV menjadi terasa lebih istimewa karena ia bukan satu-satunya perempuan yang menjabat sebagai Ketua Komisi di DPRD Provinsi Sumatera Selatan.

Dua komisi lainnya juga dijabat oleh anggota perempuan, yaitu Kartika Sandra Desi dari Partai Gerindra sebagai Ketua Komisi I-Bidang Pemerintahan dan Holda dari Partai Demokrat sebagai Ketua Komisi III-Bidang Keuangan.

Pada periode 2019-2024, Anita Noeringhati diberi kepercayaan oleh Partai Golkar untuk menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan. Ia mencatat sejarah sebagai perempuan pertama yang menduduki posisi tersebut, dan juga satu-satunya Ketua DPRD Provinsi perempuan di Sumatra.

Sebelum dilantik secara resmi, Anita menjabat sebagai Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumatera Selatan hingga akhirnya dilantik bersama tiga wakil ketua lainnya pada 23 Oktober 2019 dalam Rapat Paripurna Ke-III.

Dalam kepemimpinannya, Anita didampingi oleh Giri Ramanda Kiemas dari PDI Perjuangan sebagai Wakil Ketua I, Kartika Sandra Desi dari Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua II, dan Muchendi Mahzareki dari Partai Demokrat sebagai Wakil Ketua III.

Baca juga: Profil Mawardi Yahya, Cagub Sumsel pada Pilkada 2024

Baca juga: Profil Riezky Aprilia, cawagub Eddy Santana dalam Pilkada Sumsel 2024

Baca juga: Profil Eddy Santana sebagai cagub Sumatra Selatan di Pilkada 2024


Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024