Jakarta (ANTARA) - Paus Fransiskus melakukan pertemuan dengan uskup, imam, diakon, seminaris, dan katekis di Gereja Katedral Jakarta pada Rabu

Menurut pantauan ANTARA, mobil Paus Fransiskus tiba di Katedral Jakarta pada pukul 16.26 WIB.

Jalur pejalan kaki di depan Masjid Istiqlal dipenuhi oleh orang-orang yang ingin melihat Paus Fransiskus yang berkunjung ke Gereja Katedral.

Setibanya mobil Paus Fransiskus di halaman Gereja Katedral, Paus Fransiskus disambut dengan anak-anak yang bermain angklung.

Paus Fransiskus kemudian mendekati pagar gerbang gereja untuk menyapa warga yang berada di luar pagar, kemudian kembali menelusuri jalan masuk yang dijajari oleh anak-anak yang memegang bendera Indonesia dan Vatikan.

Setelah itu, Paus Fransiskus masuk ke dalam Gereja Katedral untuk melakukan pertemuan dengan para rohaniwan.

Pertemuan tersebut dimulai dengan sambutan dari Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Antonius Subianto Bunjamin diikuti dengan Paus Fransiskus mendengarkan testiominum dari Romo Maxi Un Bria, Ketua UNIO Indonesia.

UNIO Indonesia adalah perkumpulan para pastor gereja Katolik Roma swasta di Indonesia.

Selain mendengarkan testimonium dari Ketua UNIO Indonesia, Bapa Suci Paus juga mendengarkan testimonium dari Suster Rina dan dua guru agama Katolik SMA, yaitu Nikolas Wijaya dan Agnes Natalia.

Paus Fransiskus melakukan kunjungan ke Indonesia pada 3-6 September 2024, dan Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya ke Asia dan Oseania pada 2-13 September 2024.

Pada Rabu, Paus Fransiskus berkunjung ke Istana Merdeka Jakarta untuk bertemu Presiden Joko Widodo dan para korps diplomatik.

Paus Fransiskus adalah Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia. Kunjungan pertama dilakukan oleh Paus Paulus IV pada 1970, dan kunjungan kedua dilakukan oleh Paus Yohanes Paulus II pada 1989.

Baca juga: KAJ teladani kepedulian Paus Fransiskus terhadap kepentingan anak
Baca juga: Paus Fransiskus sampaikan pesan persaudaraan di Gereja Katedral
Baca juga: Paus berpesan agar iringi sedekah dengan sentuhan


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024