Jakarta (ANTARA) - Mantan Bupati Barito Utara dua periode 2013-2018 dan 2018-2023 Nadalsyah alias Koyem resmi maju sebagai cagub.

Lahir pada 12 Maret 1965 dan dibesarkan di sebuah desa kecil bernama Lemo, di Kabupaten Barito, Nadalsyah merangkai karier politiknya dengan penuh kerja keras.

Berasal dari keluarga yang memiliki latar belakang yang sederhana, ia mulai terjun ke dunia politik pada tahun 2013 dengan mencalonkan dirinya menjadi Bupati Barito Utara yang berpasangan dengan Ompie Herby yang menjadi wakilnya saat itu.

Usahanya dalam memasuki dunia politik tidak sia-sia, ia berhasil terpilih sebagai Bupati Barito Utara periode 2013-2018. Sukses dengan jabatannya pada periode sebelumnya, Nadalsyah kembali terpilih sebagai Bupati Barito Utara periode 2018-2023.

Di bawah kepemimpinan Bupati H Nadalsyah prestasi gemilang ditorehkan Kabupaten Barito Utara, Wilayah ini meraih hasil wajar tanpa pengecualian (WTP) atas Opini Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) semenjak tahun 2014-2018.

Pemeriksaan LKPD bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai atas laporan keuangan, apakah telah disajikan secara wajar dalam segala hal sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain kariernya yang berhasil di dunia politik, Nadalsyah juga memiliki perhatian yang besar terhadap bidang olahraga ia resmi dilantik sebagai Ketua Umum Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) periode 2021-2025. Sebelumnya Nadalsyah juga terpilih secara aklamasi sebagai ketua KONI Kabupaten Barito Utara pada periode 2015-2015.

Saat ini ia diusung oleh lima partai politik yaitu Partai Demokrat, PDI-P, Hanura, PPP dan Partai Garuda atau 25 persen kursi DPRD Kalteng untuk maju mengikuti Pilgub Kalteng 2024. Nadalsyah didampingi oleh Sigit K Yunianto mantan Ketua DPRD Kota Palangka Raya tiga periode sebagai cawagub.

Baca juga: KPU Kalteng terima pendaftar pertama bapaslon cagub-cawagub Abdul-Sri

Baca juga: Nadalsyah-SKY positif nyatakan bertarung di Pilkada Kalteng 2024

Baca juga: Ketua Demokrat Kalteng mendaftar Bacagub ke PDIP di Pilkada 2024

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024