Jakarta (ANTARA) - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usahanya yaitu Kalbe Nutritionals (PT Sanghiang Perkasa) melakukan edukasi terkait pentingnya nutrisi yang tepat untuk raih kinerja olahraga optimal untuk menyambut Hari Olahraga Nasional  pada 9 September.

Topik tersebut selaras dengan hasil survei Jakpat pada April 2024 lalu yang menunjukkan tingginya minat masyarakat Indonesia dalam berolahraga. Berdasarkan hasil survei tersebut, sekitar sepertiga masyarakat Indonesia atau 33 persen responden berolahraga seminggu sekali dan sekitar 30 persen responden berolahraga sebanyak dua hingga empat kali dalam seminggu.

Tentunya, manfaat olahraga akan dirasakan jika kita melakukan olahraga secara teratur dan nutrisi yang tepat dapat membantu agar olahraga menjadi lebih optimal.

Secara umum, kebutuhan nutrisi olahraga dan kebutuhan nutrisi pada umumnya tidak jauh berbeda. Namun, pada bahan makanan tertentu terdapat kandungan nutrisi yang bisa menunjang performa olahraga.

Baca juga: Manfaat kesehatan saat berolahraga di pagi hari

Baca juga: Penderita penyakit jantung tidak disarankan olahraga malam hari


Pertama, kandungan makronutrien seperti karbohidrat sebagai sumber energi. Kedua, protein untuk membangun massa otot dan mempercepat pemulihan jaringan tubuh yang rusak, serta ketiga, lemak baik untuk menjaga fungsi hormon dan menyeimbangkan energi.

“Tidak kalah pentingnya adalah kandungan mikronutrien atau suatu nutrisi yang jumlahnya sedikit tetapi dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral dan antioksidan. Khusus untuk penunjang olahraga, mikronutrien yang dibutuhkan adalah kalsium untuk menjaga kepadatan tulang, magnesium dan vitamin D untuk menjaga metabolisme tubuh serta antioksidan untuk menjaga kesehatan jantung,” papar dr. Adeline Devita, AIFO-K., Healthcare Communicator Kalbe Nutritionals dalam Live Instagram @ptkalbefarmatbk yang dikutip dari keterangan tertulis yang diterima, Rabu.

Adapun, kebutuhan nutrisi harian dipengaruhi faktor jenis kelamin, tinggi serta berat badan, dan aktivitas harian dan salah satu cara mengetahui kecukupan kebutuhan nutrisi adalah apakah tubuh mudah lelah saat berkegiatan.

Menurut Adel, saat tubuh mudah lelah, penurunan berat badan yang menyebabkan kelelahan sepanjang hari, gangguan metabolisme tubuh, ini menjadi beberapa tanda tubuh kekurangan nutrisi.

Nutrisi dan olahraga berkaitan erat, jika kita tidak berolahraga, pemenuhan nutrisi yang dikonsumsi hanya untuk melakukan kegiatan sehari-hari saja namun tidak cukup untuk membangun massa otot untuk menjaga imunitas tubuh, ujarnya.

“Nutrisi dan olahraga saling bersinergi untuk metabolisme tubuh yang baik dan massa otot yang optimal untuk raih kinerja olahraga yang optimal,” tegas dr. Adel.

Kalbe Nutritionals sebagai perusahaan yang senantiasa mengajak seluruh masyarakat Indonesia lebih peduli dan aktif dalam memenuhi kebutuhan nutrisi, menjawab kebutuhan ini dengan menyediakan produk Entrasol.

Irza Fauzan Santoso, Brand Manager Entrasol, menjelaskan kandungan unik di seluruh lini produk Entrasol adalah ekstrak buah zaitun (Hydroxytyrosol) dengan kandungan antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas serta menjaga kesehatan jantung para active people.

Selain itu, Entrasol juga mengandung kalsium yang membantu menjaga kesehatan tulang.

“Kandungan Entrasol Gold bisa menjadi suplementasi nutrisi bagi pribadi aktif
yang sedang diet. Satu gelas Entrasol Gold mengandung 130 kalori, juga tinggi kalsium hingga 45 persen per takaran saji sehingga bantu penuhi asupan kalsium harian. Jika tidak sempat menyeduh Entrasol Gold, bisa mengonsumsi Entrasol Can Susu Steril yang mengandung 100 kalori, juga 15 persen kalsium per takaran saji sehingga membantu menjaga imunitas serta bersumber dari susu sapi steril,” ungkap Irza.

Baca juga: Manfaat berolahraga malam hari bagi orang obesitas

Baca juga: Pasien hemofilia perlu olahraga santai guna hindari pendarahan


 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024