Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, berkomitmen penuh dalam upaya percepatan digitalisasi arsip-arsip penting di daerah setempat.

"Digitalisasi arsip merupakan langkah strategis untuk mendukung efisiensi administrasi dan pelayanan publik," kata Penjabat Bupati Kapuas Darliansjah di Kuala Kapuas, Rabu.

Menurut dia, upaya ini juga termasuk menjaga keamanan informasi penting yang dimiliki oleh pemerintah daerah.

Digitalisasi arsip, katanya, tidak hanya sekedar mengubah bentuk dokumen dari fisik menjadi digital, tetapi juga melibatkan sistem pengelolaan yang terintegrasi, sehingga memudahkan akses dan pelacakan informasi oleh instansi terkait.

"Dengan adanya digitalisasi, diharapkan potensi kehilangan atau kerusakan dokumen fisik dapat diminimalisir, serta memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan," katanya.

Dalam pelaksanaannya, Pj Bupati Kapuas berencana melibatkan berbagai pihak, termasuk Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) kabupaten setempat, untuk melakukan pendampingan dan pelatihan kepada staf terkait, guna memastikan transisi dari sistem konvensional ke sistem digital dapat berjalan dengan lancar.

"Saya juga mendorong penggunaan teknologi yang aman dan mutakhir dalam proses digitalisasi ini, agar kualitas dan integritas arsip tetap terjaga," tuturnya.

Dengan komitmen ini, Darliansjah berharap Kabupaten Kapuas dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam hal pengelolaan arsip yang modern dan adaptif terhadap perkembangan teknologi, sehingga mampu mendukung terwujudnya pemerintahan yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Pemkab Kapuas menerima penghargaan dari ANRItas prestasinya dalam mengimplementasikan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) yang diserahkan pada pembukaan Rakor Penerapan Aplikasi SRIKANDI, di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penghargaan ini diberikan karena Pemkab Kapuas memiliki komitmen, inovasi, dan konsistensi dalam mengimplementasikan aplikasi SRIKANDI.

"Salah satu komitmen itu adalah penerapan korespondensi bebas kertas yang telah dicanangkan awal tahun ini oleh Pj Bupati Kapuas," kata Kepala Disarpustaka Kapuas Suwarno Muriyat.

Sebelumnya, tambah Suwarno Muriyat, ANRI juga telah menobatkan Pemkab Kapuas sebagai Penyelenggaraan Kearsipan Kinerja Terbaik di Kalteng dan secara nasional masuk dalam Kategori “BB” (Sangat Baik) pada puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-53 Tahun 2024 akhir Mei lalu di Samarinda, Kalimantan Timur.

Pewarta: Kasriadi/All Ikhwan
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024