Batam (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Batam, Kepulauan Riau mengimbau masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar tidak mudah terserang penyakit musim kemarau seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Kepala Dinkes Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam, Rabu, mengatakan penyakit ISPA dapat disebabkan oleh cuaca panas, polusi udara, virus, dan bakteri yang menginfeksi saluran pernapasan.

"Selalu mencuci tangan sebelum makan dan memakai masker ketika hendak melakukan kegiatan di luar rumah agar tidak terkena paparan debu seperti saat di jalan raya," kata Didi.

Didi juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga serta mengonsumsi makanan bergizi, termasuk buah dan sayuran.

"Jika mengalami keluhan mengenai pernafasan, segara melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan agar mendapat penanganan lebih lanjut," ujar dia.

Berdasarkan data, Dinkes mencatat sebanyak 2.801 kasus ISPA di Kota Batam sepanjang Januari hingga Juli 2024.

"Penyakit ISPA menempati urutan keempat penyakit terbanyak yang diderita warga Batam setelah hipertensi, nasofaringitis akut, dan gangguan pencernaan," kata Didi.

Beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan orang terkena ISPA ialah rhinovirus yang dapat menyebabkan flu, virus pneumokokus (menyebabkan pneumonia dan meningitis), virus adenovirus (dapat menyebabkan bronkitis, pneumonia dan flu), dan virus influenza yang dapat menyebabkan penyakit flu.

Sementara, jenis bakteri yang dapat menyebabkan ISPA adalah bakteri streptococcus yang menyebabkan peradangan paru-paru, bakteri bordetella pertussis yang menyebabkan batuk rejan.

Baca juga: Penyakit akibat polusi udara bebani BPJS Kesehatan hingga Rp13 triliun

Baca juga: Pemkot Surabaya masifkan sosialisasi PHBS cegah penularan Mpox

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024