Jakarta (ANTARA) -
Partai Gerindra secara resmi mencalonkan politikus muda Vasko Ruseimy sebagai wakil gubernur (cawagub) mendampingi Mahyeldi Ansharullah dalam Pilkada Sumatera Barat pada November 2024. Vasko, yang menjabat sebagai Ketua Bidang Pengelolaan Opini Publik DPP Partai Gerindra, dinilai sebagai sosok potensial untuk memimpin di Tanah Minang.

Pada Pilkada Sumatera Barat 2024, Vasko diusung oleh Partai Gerindra sebagai cawagub, berpasangan dengan Mahyeldi Ansharullah. Duet ini dinilai sebagai kombinasi yang solid, memadukan pengalaman dan kepemimpinan Mahyeldi dengan semangat serta ide-ide segar yang ditawarkan oleh Vasko.

Vasko Ruseimy merupakan seorang politisi berdarah Minang yang lahir pada 13 Juli 1986, juga dikenal sebagai konten kreator yang cukup populer. Siapa sebenarnya sosok Vasko ini? Berikut profil, biodata, dan latar belakang politisi yang juga aktif sebagai YouTuber tersebut.


Profil Vasko Ruseimy
 
Nama Lengkap: Vasko Ruseimy
Tanggal Lahir: 13 Juli 1986
Tempat Lahir: Jakarta, Indonesia
Umur: 38 Tahun
Partai: Gerindra
 
Vasko Ruseimy merupakan seorang politikus muda yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra. Namanya mulai mencuat di kancah politik nasional sebagai salah satu kader muda yang dianggap memiliki potensi besar.

Pria berdarah Minang ini merupakan lulusan SMA Negeri 1 Jakarta Boedi Oetomo dan melanjutkan jenjang pendidikannya di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, jurusan teknik gas dan petrokimia angkatan 2004. Selain itu, ia juga aktif sebagai YouTuber dengan mengelola kanal Macan Idealis, yang memiliki jutaan subscriber.

Konten-konten menarik dan edukatif dari kanal tersebut selalu dinantikan oleh para pengikutnya. Vasko dikenal dekat dengan audiensnya dan sering menampilkan celotehan serta gagasan yang ditunggu-tunggu oleh subscriber-nya.
 
Dengan latar belakang keluarga yang memiliki tradisi kuat dalam bidang pendidikan dan sosial. Ia menyelesaikan pendidikan tingginya di salah satu universitas terkemuka di Indonesia dan aktif dalam berbagai kegiatan organisasi sejak masa kuliah. Pengalaman organisasi ini menjadi modal penting bagi Vasko dalam memahami dinamika politik dan masyarakat.
 
Selama masa sekolah, Vasko aktif dalam berbagai organisasi seperti PKS (Patroli Keamanan Sekolah) dan OSIS. Di Universitas Indonesia, ia terlibat dalam sejumlah organisasi, termasuk BEM serta berbagai organisasi pendiri dan sayap Partai Golkar. Vasko menjabat sebagai Ketua DPP GEMA MKGR dan Wakil Ketua Umum AMPI hingga 2018. Jabatan terakhirnya di Partai Golkar yaitu Wakil Sekretaris Jenderal.
 
Dapat diketahui, pada Pemilu 2019 lalu Vasko menjabat sebagai Juru Bicara dan Wakil Direktur IT Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo-Sandi. Tak hanya itu, dalam organisasi kemasyarakatan Islam, ia merupakan salah satu pendiri sekaligus Wakil Ketua Umum Syarikat Kebangkitan Pemuda Islam (SKPI).
 
Selain itu, Vasko juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Gekrafs, dan Ketua BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).
 
Pada Pemilu 2024, Vasko ditetapkan oleh Bappilu Partai Gerindra sebagai Calon Anggota Legislatif DPR RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat 1. Namun, ia gagal terpilih dan tidak berhasil bergabung dengan Andre Rosiade di Senayan.
 
Namun tidak hanya berhenti di sana, pada Pilkada 2024 Sumatera Barat, Vasko kembali dicalonkan sebagai calon wakil gubernur mendampingi Mahyeldi Ansharullah sebagai calon gubernur yang mendapat dukungan penuh dari PKS, Gerindra, Demokrat, Perindo, dan PBB

Baca juga: Profil Mahyeldi Ansharullah: Petahana cagub Pilkada Sumbar 2024
Baca juga: Profil Cik Ujang, cawagub asli Lahat dalam Pilkada Sumsel 2024

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024