Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau memberikan bantuan peralatan sekolah berupa tas kepada siswa sekolah dasar (SD) di Kecamatan Pulau Laut yang merupakan pulau terluar Indonesia.

Bupati Natuna Wan Siswandi di Natuna, Rabu, mengatakan bantuan itu bersumber dari APBD Natuna 2024.

"Kita beri bantuan tas kepada siswa kelas satu sekolah dasar, total bantuan sebanyak 49 tas untuk tiga sekolah dasar," ucap dia.

Menurut dia, bantuan tidak hanya diberikan di Kecamatan Pulau Laut, namun juga di kecamatan lainnya. "Kita harap bantuan yang diberikan bermanfaat untuk penerimanya," ujar dia.

Ia menambahkan, dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Natuna pihaknya juga menjalin kerja sama dengan berbagai kementerian, lembaga, dan perguruan tinggi. Kerja sama tersebut yakni berupa pemberian beasiswa kuliah khusus untuk anak asli Natuna yang kurang mampu.

"Beasiswa ini bukan dari APBD tapi berasal dari kementerian lembaga dan perguruan tinggi. Kita meminta bantuan agar anak-anak kita diberikan beasiswa," ujar dia.

Ia menyebut ada ratusan anak Natuna yang telah mendapatkan beasiswa tersebut. Untuk mendapatkan beasiswa, calon penerima wajib mengikuti seleksi yang dibuat oleh perguruan tinggi tempat beasiswa didapat.

"Untuk proses seleksinya juga unik, karena yang ikut seleksi khusus anak-anak Natuna," ucap dia.

Terbaru Wan mengatakan pihaknya mendapatkan beasiswa dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Beasiswa itu diberi oleh Menparekraf saat berkunjung ke Natuna pada awal Agustus 2024.

"Kita harap para penerima beasiswa memanfaatkan kesempatan yang diberikan dengan baik," ujar dia.

Baca juga: BNPP: Gerbangdutas 2024 bangun RI dari pinggiran-pulau kecil terluar

Baca juga: KKP memacu produktivitas budi daya rumput laut di pulau terluar

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024