Pekanbaru (ANTARA) - PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) telah menyelesaikan pembangunan proyek 10 titik rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau bagi pengguna jalan.
 
“Jarak antara satu TIP dengan TIP lainnya di Tol Pekanbaru-Dumai terpaut sejauh 20 kilometer. TIP ini dapat ditemukan dalam perjalanan dari Pekanbaru ke Dumai atau sebaliknya,” kata Direktur Utama PT HKI Aji Prasetyanti dalam keterangan di Pekanbaru, Riau, Rabu.
 
Pada TIP Pekanbaru-Dumai itu, lanjutnya terdapat tempat parkir kendaraan besar dan kendaraan kecil, masjid, kios usaha mikro kecil menengah, toilet umum, toilet untuk penyandang difabel, dan klinik untuk pengendara.
 
TIP ini mampu menampung hingga 50 kendaraan besar dan 200 kendaraan kecil, menyesuaikan dengan ukuran TIP masing-masing. HKI juga menyiapkan kawasan untuk Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk kendaraan berbahan bakar minyak dan listrik.
 
“Arsitektur TIP ini mengusung budaya lokal setempat. TIP Pekanbaru-Dumai mengadaptasi ikon arsitektur Melayu Riau, yaitu Atap Selembayung dan Sopi-Sopi Ukiran Melayu,” imbuh Aji.
 
Pada TIP ini tambahnya terdapat juga fasilitas bengkel untuk para pengendara yang membutuhkan pemeriksaan dan perbaikan kendaraan agar semakin aman dan nyaman dalam melintasi JTTS.
 
“Diharapkan TIP ini dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pengguna tol, sebagai lokasi pembelajaran dan edukasi budaya, sekaligus tempat berinteraksi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi lokal,” tutur Aji.

Hingga saat ini, HKI telah membangun JTTS di Riau pada Ruas Pekanbaru-Dumai dan Pekanbaru-Padang. Adapun yang masih dalam proses konstruksi yaitu ruas Padang-Pekanbaru seksi Padang–Sicincin sepanjang 37 km.

Baca juga: Hutama Karya tuntaskan sisa 9 km Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang
Baca juga: Presiden resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024