Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Austria Red Bull (RB) Salzburg merekrut bek tengah belia Paris Saint-Germain (PSG) Joane Gadou, yang baru berumur 17 tahun, dengan kontrak permanen berdurasi tiga tahun atau sampai 30 Juni 2027.

"Saya sangat senang dengan kontrak ini dan tidak sabar bermain di lapangan," ujar Gadou, dikutip dari laman resmi RB Salzburg di Jakarta, Rabu.

Menurut pesepak bola bertinggi badan 1,95 meter itu, Salzburg menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan karier karena berkomitmen memberikan kesempatan bermain kepada pemain muda.

Komitmen tersebut, Gadou melanjutkan, mempercepat pengembangan kemampuan para pemain muda.

"Saya juga ingin mencapai itu," kata pemain asal Prancis itu.

Gadou pun mencontohkan bek tim raksasa Jerman Bayern Muenchen, Dayot Upamecano, yang juga membela RB Salzburg saat umur 17 tahun.

Upamecano memperkuat RB Salzburg pada tahun 2015-2017. Kemudian dia pindah ke RB Leipzig di Liga Jerman dan berkiprah di Bayern Munchen mulai tahun 2021.

"Saya penggemar Dayot Upamecano yang pernah bermain di sini (RB Salzburg-red) dan sekarang memperkuat tim nasional Prancis. Saya sering melihat gaya bermainnya," tutur Gadou.

Sementara Direktur Sepak Bola RB Salzburg Bernhard Seonbuchner menyebut Joane Gadou sebagai talenta besar yang sebenarnya bisa memilih klub lain untuk pelabuhan kariernya.

Itulah kenapa Seonbuchner semringah Gadou memutuskan untuk bergabung dengan Salzburg.

"Kami pasti memiliki banyak kebahagiaan dengan di masa depan. Kami akan memberikannya waktu dan dukungan untuk berkembang bersama kami," ujar dia.

Joane Gadou bergabung dengan PSG ketika usianya menginjak 13 tahun atau tahun 2020. Tidak butuh lama, dia kemudian naik tingkat ke tim U-17 PSG dan berikutnya di U-19 PSG.

Pada musim 2023-2024, Joane Gadou secara rutin mengikuti sesi latihan dengan tim utama PSG. Dia masuk daftar skuad utama untuk pertama kalinya pada 4 Januari 2024 dan mencatatkan debut di PSG pada 7 Agustus 2024 ketika asuhan Luis Enrique itu menghadapi Sturm Graz pada laga persahabatan.

Di level tim nasional, Gadou pernah memperkuat timnas U-16, U-17 dan U-18 Prancis dengan torehan 20 kali penampilan dan membuat satu gol.

Baca juga: Klasemen Liga Prancis: PSG teruskan torehan kemenangan

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024