Kami tidak menyangka ribuan produk kerajinan kami bisa terjual dengan cepat di lokasi yang menjadi tempat ikon kuliner Jogja.
Jakarta (ANTARA) - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) peserta pameran Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) Yogyakarta 2024 meraih komitmen pesanan ratusan produk, antara lain fesyen, kerajinan, hingga minuman herbal tradisional, dengan potensi nilai transaksi mencapai Rp2,5 miliar.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu, menyampaikan pencapaian Pertamina SMEXPO Yogyakarta, yang digelar di Plaza Ngasem, Yogyakarta, pada 30-31 Agustus dan 1 September 2024, adalah berkat semangat dan inovasi produk, yang ditampilkan UMKM mitra binaan.

"Pencapaian Pertamina SMEXPO Yogyakarta 2024 dapat diraih, karena semangat mitra binaan dalam membuka pasar, mencari strategi berjualan, dan menyediakan produk-produk terbaik untuk menarik pengunjung. Harapan kami, Pertamina SMEXPO dapat menjadi agenda tahunan yang dapat membuat UMKM Lokal jadi Vokal, sehingga memiliki daya saing tinggi di lingkup nasional maupun global," ujarnya.

Selama tiga hari, para mitra binaan Pertamina menjual 4.285 produk makanan dan 3.474 produk nonmakanan dengan nilai transaksi Rp147,7 juta.

"Kami tidak menyangka ribuan produk kerajinan kami bisa terjual dengan cepat di lokasi yang menjadi tempat ikon kuliner Jogja. Alhamdulillah, omzet Mutiara Handycraft tembus Rp25 juta dan paling penting, kami ditemukan dengan empat buyer, yang akan order terus menerus," ujar Irma Suryati, pemilik Mutiara Handycraft.

Pertamina SMEXPO Yogyakarta juga menyelenggarakan talkshow seputar program pembinaan UMKM Pertamina, strategi pemasaran, peningkatan kualitas produk, dan mentalitas entrepreneur.

Aneka perlombaan melalui festival mewarnai untuk anak, fashion show untuk anak dan UMKM mitra binaan, workshop kerajinan tangan, dan olahraga yang sedang tren di kalangan generasi muda, yakni pound fit, turut memeriahkan ajang pameran.

Selain itu, didukung Rumah Sakit Jogja International Hospital (RS JIH) menyediakan ambulans, layanan medis, dan konsultasi kesehatan, serta berkolaborasi dengan PT Pertamina Lubricants (PTPL) membuka layanan servis kendaraan bermotor roda dua.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari berharap Pertamina SMEXPO Yogyakarta 2024 mampu menularkan manfaat yang berkelanjutan bagi para UMKM mitra binaan.

"Saat kami ditunjuk sebagai tuan rumah Pertamina SMEXPO Yogyakarta 2024, poin utama yang kami tekankan adalah manfaat yang berkelanjutan. Mendorong para pengunjung agar tidak hanya sekali-dua kali membeli tetapi menjadi pelanggan tetap. Kami juga menunjukkan bahwa produk ramah lingkungan, seperti milik Sawo Kecik dari daur ulang sampah dan abon nabati milik Abon Daun Emas, bisa fit dengan pasar. Ibu Irma juga menjadi inspirasi bahwa Sobat Istimewa dan perempuan punya jiwa entrepreneurship yang berdaya saing tinggi. Semoga acara ini bisa menjadi inspirasi bagi pameran UMKM lainnya," ujarnya pula.

Pertamina SMEXPO merupakan wujud konsistensi Pertamina dalam menggalakkan dan mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) terutama pada poin ke-8, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak untuk semua serta implementasi program-program berbasis environmental, social, and governance (ESG) di seluruh wilayah operasional.
Baca juga: Menkop UKM berharap Pertamina terus dukung pengembangan UMKM
Baca juga: Pertamina SMEXPO Yogyakarta berdayakan UMKM lokal

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024