bisa jadi 'home stay' Kampung Wisata Betawi
Jakarta (ANTARA) - Salah calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024, Ridwan Kamil (RK) ingin membangun penginapan (homestay) Kampung Wisata Betawi di Unit Pengelola Kawasan Pusat Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan untuk meningkatkan potensi ekonomi kawasan itu.

"Mungkin ini salah satu proyek pertama di Setu Babakan, ini bisa jadi 'home stay' Kampung Wisata Betawi," kata Ridwan Kamil di saat bertemu dengan mantan gubernur DKI Fauzi Bowo di UPK PBB Setu Babakan, Jakarta Selatan, Rabu.
 
Dia mengatakan nantinya kawasan itu diharapkan bisa menjadi ruang interaksi bagi wisatawan maupun warga sekitar.
 
Terlebih, lanjut dia, jika nantinya tersedia penginapan yakni menyewa rumah warga lokal untuk wisatawan (homestay) diharapkan semakin menambah kenyamanan wisatawan untuk berkunjung kembali.
 
Ide ini bercermin dari kinerja yang telah membangun penginapan sekaligus menciptakan kampung destinasi di kawasan Kuningan, Jawa Barat saat RK memimpin di Jawa Barat. 

Baca juga: Ridwan Kamil siap teruskan peninggalan gubernur Jakarta sebelumnya
Baca juga: KPU teliti berkas syarat administrasi tiga paslon di Pilgub Jakarta

"Dulu waktu jadi gubernur Jawa Barat, seorang warga di situ, saya kasih hibah supaya kamarnya biar sekelas bintang tiga, sehingga masyarakat mending nginap di situ. Nah, itu gagasannya," ujarnya.
 
Selain itu, katanya, ide ini juga berlandaskan sila ke-5 Pancasila yang berbunyi "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia" agar setiap lapisan masyarakat dapat memanfaatkan segala potensi pariwisata, bukan hanya golongan tertentu yang menikmati.
 
"Poin saya yaitu kembali ke sila ke-5 yaitu ekonomi Jakarta jangan hanya dimiliki oleh konglomerasi tapi warga kampung juga hadir mengelola pariwisata, misalnya potensi ekonomi homestay menginap di kampung," ujarnya.
 
Namun, RK belum bisa merinci lebih lanjut rencana itu lantaran mengaku masih bertahap mempelajari isu yang sedang terjadi di DKI Jakarta.

RK-Suswono merupakan salah satu dari tiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur di Pilkada DKI 2024, selain Pramono Anung-Rano Karno dan paslon independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Baca juga: Profil Kun Wardana calon wakil gubernur Independen Jakarta
Baca juga: KPU DKI tegaskan belum ada penetapan calon kepala daerah

Ketiga paslon telah mendaftarkan secara resmi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.
 
Pasangan RK-Suswono maju Pilkada DKI Jakarta dengan dukungan koalisi gemuk dari sejumlah partai politik, yaitu Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, PKB, NasDem, PPP dan Perindo.

Pasangan itu juga menerima dukungan parpol non parlemen, yakni Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Bulan Bintang, PRIMA dan Partai Kebangkitan Nusantara.
 
Sedangkan pasangan Pramono Anung-Rano Karno didukung oleh PDI Perjuangan dan Partai Hanura.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024