Beijing (ANTARA) - Markas Besar Pengendalian Banjir dan Bantuan Kekeringan China pada Selasa (3/9) mengaktifkan respons darurat Level IV untuk banjir di provinsi Guangdong dan Hainan di China selatan setelah Topan Yagi mendarat di Laut China Selatan.

Pusat Meteorologi Nasional (National Meteorological Center/NMC) China memperkirakan bahwa Topan Yagi akan bergerak ke arah barat laut untuk mendekati area timur Pulau Hainan, dengan intensitas yang meningkat secara bertahap.

Menurut NMC, topan tersebut diperkirakan akan mendarat di sepanjang area pesisir timur Hainan dan pesisir barat Provinsi Guangdong pada Jumat (6/9).

NMC mengeluarkan peringatan kuning untuk Topan Yagi, memperingatkan bahwa angin kencang akan menerjang Selat Taiwan, Laut China Selatan, Selat Bashi, area pesisir Fujian, dan area pesisir timur Guangdong mulai Selasa malam waktu setempat hingga Rabu (4/9) malam waktu setempat.

Sementara itu, hujan lebat diperkirakan akan mengguyur bagian selatan Pulau Taiwan, menurut NMC.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkat berkode warna, dengan warna merah mewakili tingkat terparah, diikuti warna oranye, kuning, dan biru, demikian warta Kantor Berita Xinhua.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024