Jakarta (ANTARA) - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia dan Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus menyapa warga Jakarta yang menunggu di sekitar Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan di Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat saat hendak ke Istana Negara.
 
Di sepanjang Jalan Medan Merdeka Timur warga ramai memadati sisi kanan, kiri dan seberang jalan.

Polisi juga menjaga ketat agar warga tidak menghalangi perjalanan Paus Fransiskus dan rombongan, begitupun dengan jalan di sekitar Medan Merdeka Timur dalam kondisi steril.
 
Sejumlah warga saat menyaksikan Paus Fransiskus keluar dari Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan di Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024). ANTARA/Siti Nurhaliza
Paus Fransiskus duduk di kursi penumpang di bagian depan mobil Toyota Innova Zenik.

Dia tampak menyampirkan lengan kirinya sambil membalas lambaikan tangan warga.

Baca juga: Warga mulai padati Kedubes Vatikan untuk lihat Paus Fransiskus
 
Sekitar pukul 09.25 WIB, Paus Fransiskus dan rombongan keluar dari Kedubes Vatikan untuk melanjutkan agenda bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.
 
Paus Fransiskus dan rombongan tiba di Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan di Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, sekitar pukul 12.26 WIB pada Selasa (3/9).
 
Kedatangannya disambut antusias oleh masyarakat di sekitar Kedubes Vatikan. Sepanjang jalan menuju Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan, mulai dari sekitar Bundaran HI, kawasan Patung Kuda, hingga di depan Kedubes Vatikan, Paus tampak membalas lambaian tangan masyarakat yang menyambut kedatangannya.
 
Warga menyambut Paus Fransiskus dengan penuh senyum, sambil mengabadikan momen saat Paus melambaikan tangan.
 
Paus Fransiskus dijadwalkan melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura pada 2-13 September 2024.

Baca juga: Rektor UIN: Kedatangan Paus Fransiskus simbol toleransi umat beragama
 
Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik, yaitu pada 3 sampai dengan 6 September 2024.
 
Kemudian Paus melanjutkan kunjungan ke Port Moresby (Papua Nugini) dan Vanimo dari 6-9 September 2024, Dili (Timor Leste) dari 9-11 September 2024, dan Singapura dari 11-13 September 2024.
 
Pemimpin umat Katolik tersebut dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta hari ini. Kemudian, pada 5 September 2024 Paus Fransiskus dijadwalkan menghadiri pertemuan antar agama di Masjid Istiqlal, Jakarta, dan dilanjutkan pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di Kantor Konferensi Waligereja Indonesia.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024