Cabang Mongolia Dalam dari Pusat Berita & Informasi Kantor Berita Xinhua

Hohhot, China, (ANTARA/Xinhua-AsiaNet) - Dalam beberapa tahun terakhir, memelihara kucing telah menjadi pilihan bagi banyak orang di seluruh dunia. Ada preferensi yang semakin meningkat untuk menyediakan lingkungan hidup yang sehat bagi kucing-kucing ini. Perusahaan-perusahaan di sebuah kabupaten di Cina utara telah terus membuat kemajuan dalam pasar khusus produk pasir kucing, untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Di sebuah laboratorium, Wang Xiaoli dan rekan-rekannya telah mengembangkan produk mineral rendah debu dan ringan, dengan memanfaatkan bentonit. Di bengkel, dengan memasukkan mineral mentah ke dalam jalur produksi ramah lingkungan, dan melalui serangkaian proses manufaktur otomatis, sejumlah pasir kucing, sekecil biji millet, dapat diproduksi.

Pemandangan ini memberikan gambaran tentang penelitian dan produksi Chifeng Menghong New Materials Co., Ltd., produsen pasir kucing yang berbasis di Kabupaten Ningcheng, Wilayah Otonomi Mongolia Dalam, Cina utara.

"Kami memperkenalkan teknologi baru dan bahan fungsional untuk meningkatkan kemampuan menggumpal dan penyerapan bau dari pasir bentonit agar kucing dapat hidup sehat dalam lingkungan yang rendah debu," kata Wang, seorang teknisi di perusahaan tersebut.

Kabupaten ini memiliki output produksi pasir kucing tahunan sebesar 1,5 juta ton dengan sekitar 1.100 orang yang terlibat dalam industri ini pada tahun 2023, dengan nilai produksi sebesar 900 juta yuan (sekitar 126 juta dolar AS) dan pendapatan pajak sebesar 70 juta yuan, menurut otoritas setempat.

Selama dua dekade terakhir, Ningcheng telah mengalami perkembangan yang pesat dan inovatif dalam industri pasir kucing.

Zhang Yongsheng, manajer umum Ningcheng County Chongai Pet Products Co., Ltd. mengatakan bahwa dulu perusahaannya memproduksi pupuk kimia, sementara seorang klien Jepang mendekati mantan manajer pabrik pada tahun 2002, mencari cara untuk memanfaatkan bentonit lokal untuk produksi pasir kucing. Eksperimen ini berhasil, yang mengarah pada pendirian jalur produksi pasir kucing pertama di kabupaten tersebut.

"Ini adalah bisnis yang baik karena bentonit di sini berkualitas tinggi. Ia membentuk gumpalan yang kuat dan mudah untuk disekop dan dibersihkan," kata Zhang. "Sejak itu kami telah melakukan upaya untuk meneliti dan mengembangkan lebih banyak produk pasir kucing."

Kini, pasir kucing dengan aroma buah memenuhi udara di laboratoriumnya, dan banyak produk telah diekspor ke Jepang, Korea Selatan, dan negara serta wilayah lainnya.

Saat ini ada 32 perusahaan pasir kucing di kabupaten ini. Perusahaan-perusahaan ini aktif dalam penelitian dan telah memperluas saluran penjualan, meningkatkan kualitas manufaktur, dan mematuhi standar internasional, di antara pencapaian lainnya.

"Perusahaan-perusahaan ini mampu memproduksi pasir kucing yang disesuaikan dengan berbagai jenis dan aroma," kata Zhang Haixuan, kepala Kabupaten Ningcheng. "Produk bentonit termasuk pasir kucing yang diproduksi di kabupaten ini telah diekspor ke 106 negara seperti Finlandia, Rusia, dan Malaysia."

Dong Wenjun, seorang profesor di Sekolah Ilmu dan Teknik Material, Universitas Teknologi Beijing, mengatakan: "Pasir kucing yang diproduksi di Ningcheng telah bertransformasi menjadi produk dengan nilai tambah yang lebih tinggi, dengan fitur seperti bobot yang lebih ringan, kemampuan larut dalam air, dan berbagai aroma."

Menurut sebuah laporan industri, pasar konsumsi hewan peliharaan perkotaan (anjing dan kucing) di Cina tumbuh menjadi 279,3 miliar yuan pada tahun 2023, naik 3,2 persen dari tahun sebelumnya. Skala pasar kucing dan jumlah kucing peliharaan masing-masing mengalami pertumbuhan sebesar 6 persen dan 6,8 persen.

Zhang Yongsheng mengatakan semakin banyak orang muda yang menjadi pemilik hewan peliharaan, dan mereka lebih memperhatikan kesehatan dan kenyamanan hewan peliharaan mereka.

"Kami berusaha untuk menyediakan produk yang lebih ramah lingkungan dan sehat bagi pelanggan kami serta memastikan kucing mereka memiliki kualitas hidup yang lebih baik," katanya.



Sumber: Cabang Mongolia Dalam dari Pusat Berita & Informasi Kantor Berita Xinhua

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024