Jakarta (ANTARA) - PlayStation akan menghentikan layanan langsung gim baru "Concord" yang dikembangkan Firewalk secara offline pada hari Jumat pekan ini, hanya dua minggu setelah peluncurannya pada tanggal 23 Agustus lalu.

Dilaporkan Variety pada Selasa (3/9) waktu setempat, PlayStation dikabarkan akan memberikan pengembalian uang kepada para pemain.

Gim tembak-menembak orang pertama berbasis tim ini dilaporkan telah menarik perhatian audiens yang sangat sedikit selama ketersediaan awalnya di PlayStation 5 dan PC, dengan situs web data game berbasis PC pihak ketiga SteamDB menunjukkan 30 pemain dalam game saat ini ketika publikasi pada hari Selasa.

Baca juga: Gim "Mafia: The Old Country" akan diluncurkan pada tahun 2025

Pada puncaknya dalam sejarahnya yang singkat, "Concord" memiliki 697 pemain bersamaan, sangat rendah untuk rilis baru PlayStation, dan berada di peringkat paling bawah dalam grafik penjualan mingguan PlayStation.

Dalam "Concord," yang sebagian besar dibandingkan dengan gim tembak-menembak multipemain populer "Overwatch," pemain mengumpulkan kru penjahat luar angkasa Freegunner dari pesawat ruang angkasa Northstar untuk permainan daring antara dua tim yang masing-masing beranggotakan lima orang.

Dengan sedikitnya orang yang memainkan "Concord," ketersediaan lawan menjadi sangat sulit didapat selama permainan.

Baca juga: Gim "Star Wars Jedi: Survivor" segera rilis di PS4 dan Xbox One

“Penggemar Concord, kami telah mendengarkan dengan saksama masukan Anda sejak peluncuran Concord di PlayStation 5 dan PC dan ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah bergabung dalam perjalanan di atas Northstar,” tulis direktur game Firewalk Studios Ryan Ellis dalam sebuah posting blog yang diterbitkan oleh PlayStation Selasa.

Menurut Ryan, dukungan pemain dan komunitas yang bersemangat di sekitar gim ini sangat berarti.

Namun sementara banyak kualitas pengalaman beresonansi dengan para pemain, pengembang juga menyadari bahwa aspek lain dari gim dan peluncuran awal tidak berjalan seperti yang diinginkan.

Baca juga: Gim "Valorant" kini hadir di konsol PlayStation 5 dan Xbox Series X/S

Oleh karena itu, mereka telah memutuskan untuk menghentikan game ini mulai 6 September 2024, dan mengeksplorasi opsi termasuk yang akan lebih menjangkau para pemain.

“Sementara kami menentukan jalur terbaik ke depan, penjualan Concord akan segera dihentikan dan kami akan mulai menawarkan pengembalian dana penuh untuk semua gamer yang telah membeli game untuk PS5 atau PC,” katanya.

Menurut PlayStation, pelanggan yang membeli "Concord" dari PlayStation Store atau PlayStation Direct akan menerima pengembalian dana ke metode pembayaran awal mereka, sementara Steam, Epic Games Store, dan salinan fisik akan mendapatkan pengembalian dana melalui etalase dan pengecer digital masing-masing.

Setelah pengembalian dana, pemain akan kehilangan akses ke gim tersebut.

Baca juga: EA akan hapus tiga gim Battlefield dari PlayStation 3 & Xbox 360

Baca juga: Gim "God of Wark Ragnarok" bakal rilis di PC pada 19 September 2024


Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024