Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik kemarin, Selasa (3/9), telah kami rangkum agar dapat dibaca kembali oleh Anda, mulai dari perintah Presiden Joko Widodo kepada Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk membentuk Angkatan Siber hingga kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia.

1. Panglima TNI akui sudah diperintah Presiden bentuk Angkatan Siber

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengakui pihaknya sudah menerima perintah dari Presiden Joko Widodo untuk membentuk Angkatan Siber sebagai matra keempat di institusi TNI.

"Saya sudah diperintah Presiden, kemarin juga dari MPR waktu pidato, untuk membuat TNI Angkatan Siber," kata Agus setelah menghadiri rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (3/9).

Selengkapnya baca di sini.


2. Paus Fransiskus bakal naik Maung saat sapa jemaat misa akbar di GBK

Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia Paus Fransiskus bakal naik kendaraan taktis buatan dalam negeri Maung saat menyapa jemaat misa akbar di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (5/9).

Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha di Jakarta, Selasa (3/9), menjelaskan bahwa persiapan kendaraan taktis buatan PT Pindad itu sesuai dengan arahan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Dalam prosesnya, diawasi langsung oleh Komisaris PT Pindad Letjen TNI Purn. Putranto bekerja sama dengan tim dari Takhta Suci Vatikan.

Selengkapnya baca di sini.


3. Presiden Jokowi: RI-Vatikan komitmen pupuk perdamaian dan persaudaraan

Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia dan Vatikan memiliki komitmen yang sama dalam memupuk perdamaian dan persaudaraan, serta kesejahteraan bagi umat manusia.

Hubungan RI dan Vatikan itu disampaikan Presiden Jokowi berkaitan dengan kunjungan Kepala Negara Kota Vatikan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3–6 September 2024.

Selengkapnya baca di sini.


4. Jokowi sampaikan selamat datang Sri Paus Fransiskus ke RI

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan selamat datang kepada Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

"Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat dan terima kasih atas kunjungan yang teramat mulia Paus Fransiskus ke Indonesia. Selamat datang yang teramat mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Presiden Jokowi dalam keterangannya yang disampaikan di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (3/9).

Selengkapnya baca di sini.


5. Azwar Anas: Kepindahan ASN ke IKN tunggu infrastruktur digital selesai

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan kepindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur menunggu pembangunan infrastruktur digital selesai.

Azwar mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo tidak ingin terburu-buru untuk memutuskan kepindahan ASN, karena masih menunggu penyempurnaan infrastruktur digital.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024