Jakarta (ANTARA) - Achmad Dimyati Natakusumah merupakan sosok politisi berpengalaman yang kini didukung sebagai bakal calon wakil gubernur (cawagub) yang dipasangkan dengan Calon Gubernur (cagub) Andra Soni untuk Pilkada Banten tahun 2024.

Pasangan itu mendapat dukungan sembilan partai politik meliputi Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, Golkar, PSI, dan PPP.

Lahir pada 17 September 1966, Dimyati memiliki latar belakang akademik dan perjalanan karier politik yang panjang berikut adalah rangkumannya.

Pendidikan

Dimyati menempuh pendidikan di berbagai institusi ternama, dimulai dengan gelar Sarjana Hukum dari Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Ia kemudian melanjutkan studi pascasarjana dan meraih gelar Magister Ilmu Politik dari Universitas Indonesia, serta Magister Ilmu Hukum dari Universitas Pasundan.

Semangatnya dalam menimba ilmu berlanjut hingga tingkat doktoral, di mana ia meraih dua gelar Doktor, yakni dalam bidang Ilmu Hukum dari Universitas Padjajaran dan Ilmu Politik dari Universitas Indonesia.

Karier politik

Karier politik Dimyati dimulai dengan terpilihnya ia sebagai Bupati Kabupaten Pandeglang selama dua periode, dari tahun 2000 hingga 2009.

Pada tahun 2009, ia terpilih sebagai Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dan Anggota DPR/MPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP), posisi yang ia pertahankan hingga 2018. Selama periode ini, Dimyati juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI dan memimpin Fraksi PPP di DPR.

Pada tahun 2019, Dimyati beralih ke Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) dan terus aktif dalam berbagai peran penting di DPR. Ia menjabat sebagai Anggota Komisi 3 yang membidangi Hukum, serta sebagai Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI hingga 2024.

Achmad Dimyati kini tengah bersiap untuk menghadapi tantangan baru sebagai calon wakil gubernur Banten. Ia bersama dengan Andra Soni berkomitmen untuk mempercepat pembangunan di wilayah Banten.

Baca juga: Andra-Dimyati janji prioritaskan tiga layanan dasar untuk Banten

Baca juga: Andra-Dimyati sebut alih dukungan Golkar dinamika dan drama di Pilkada

Baca juga: Demokrat tetap dukung Andra Soni meski Golkar cabut dukungan

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024