Jakarta (ANTARA) -
Acep Adang Ruhiat telah mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur di Pilkada Jawa Barat 2024. Dirinya tidak hanya sendiri, Gitalis Dwi Natarina akan mendampinginya sebagai Calon Wakil Gubernur.
 
Acep Adang Ruhiat telah diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pada Kamis, 29 Agustus 2024, Ia bersama Gitalis bersama-sama mendaftarkan diri ke KPU Jawa Barat.
 
Untuk mengenal lebih dalam, berikut adalah profil dan karier Acep Adang Ruhiat.
 
Profil dan karier Acep Adang Ruhiat

Lahir dan besar di sebuah kota di Jawa Barat yakni Tasikmalaya, pada tanggal 1 Agustus 1958. Acep Adang Ruhiat mengeyam pendidikan sekolah islam di Kecamatan Cipasung, Tasikmalaya yakni Madrasah Ibtidaiyah Cipasung tahun 1971, SMP Islam Cipasung tahun 1973, dan SMA Islam Cipasung tahun 1976.
 
Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya ke jenjang sarjana di Universitas Siliwangi yang selesai tahun 1984, lanjut pendidikan untuk menyandang gelar doktorandus (Drs.) di Universitas Siliwangi yang selesai tahun 1988, dan menyelesaikan pendidikan pascasarjana untuk menyandang gelar master of sains (M.Si) di Universitas Garut yang selesai tahun 2000.
 
Acep Adang Ruhiat memiliki banyak pengalaman dalam mengikuti organisasi di Tasikmalaya dan memegang peran penting di dalamnya.

Acep Adang Ruhiat pernah menjadi Ketua BP KNPI Kecamatan Singaparna, Wakil Ketua Pemuda Pancasila, Wakil Ketua Organisasi KNPI Kabupaten Tasikmalaya, dan Wakil Ketua GP Ansor Jawa Barat.
 
Selain itu, Acep juga pernah mengabdikan dirinya sebagai pengajar. Dirinya mengajar sebagai guru di SMA Islam Cipasung tahun 1984-2005, MAN Cipasung tahun 1987-1992, dan Pembina Kemahasiswaan di Institut Agama Islam Cipasung tahun 1987-2006.
 
Dalam dunia karier politiknya, Acep Adang Ruhiat memulainya dengan bergabung ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kemudian, ia dimandatkan sebagai Ketua Dewan Tanfindz PKB Kab. Tasikmalaya tahun 2008. Pada tahun 2011-2016, Aceng menjabat menjadi Ketua Dewan Suro Partai PKB.
 
Tidak hanya berhenti disana, Acep Adang Ruhiat terpilih sebagai anggota DPR RI tahun 2014-2019 dan tahun 2019-2024 Dengan pengetahuan dan pengalaman politiknya, ia dipercayai menjadi anggota DPR RI selama dua periode berturut-turut.
 
Acep Adang Ruhiat juga merupakan kader dari PKB, yang saat ini pun masih menjabat di Komisi VI DPR RI. Pada Pilkada Jawa Barat 2024, Aceng bersedia mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur.
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024