Jakarta (ANTARA) - Luluk Nur Hamidah maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebagai calon gubernur Jawa Timur yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Luluk dipasangkan dengan Lukmanul Khakim. Pasangan ini telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur pada Kamis, 29 Agustus 2024 sebagai pasangan cagub-cawagub Jawa Timur Pilkada 2024.

Luluk menambah daftar sosok perempuan yang akan bertarung di Pilkada 2024 Jawa Timur.

Berikut profil singkat Luluk yang maju sebagai cagub Jatim di Pilkada 2024:

Luluk Nur Hamidah lahir di Jombang, Jawa Timur, pada 25 Juni 1971.

Ia memiliki latar belakang pendidikan lulusan dari kampus di Indonesia dan luar negeri, menempuh pendidikan Sarjana (S1) di IAIN Sunan Ampel Malang dan melanjutkan pendidikan S2 Ilmu Sosiologi FISIP Universitas Indonesia.

Luluk juga merupakan lulusan S2 Publik Administrasi Lee Kuan Yew School of Public Policy Singapura (LKYSPP).

Ia aktif menyuarakan isu kesejahteraan sosial, lingkungan dan pemberdayaan.

Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Korps Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Putri pada 1997-2000.

Luluk memulai karier politiknya sebagai kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan menjadi Ketua DPP PKB.

Ia juga pernah menduduki kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024, dari daerah pemilihan Jawa Tengah IV mencakup Wonogiri, Karanganyar dan Sragen.

Kini, Luluk dicalonkan oleh PKB dalam pemilihan gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. PKB mendukung pengusungan Luluk, lantaran yang maju untuk memperebutkan kursi gubernur Jawa Timur di Pilkada 2024 diisi para perempuan, yakni berhadapan dengan Khofifah Indar Parawansa dan Tri Rismaharini.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid. "Kenapa kita pilih Luluk? Pertama, karena kami melihat figur yang tampil di Jatim semuanya perempuan," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Luluk sebut ingin tunjukkan perbedaan kepemimpinan perempuan di Jatim

Baca juga: Luluk Nur Hamidah akan sowan ke Ma'ruf Amin untuk maju pilkada

Baca juga: Luluk Nur Hamidah ajukan pengunduran diri dari DPR

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024