Jakarta (ANTARA) - Partai Gerindra bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) resmi menunjuk Taj Yasin Maimoen sebagai calon wakil gubernur mendampingi Irjen Pol Ahmad Luthfi pada Pilkada Jawa Tengah 2024.

Hal ini disampaikan oleh Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani dalam jumpa pers di Kompleks Parlemen Jakarta pada Senin, 22 Juli 2024.

Keduanya telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Taj Yasin Maimoen atau lebih dikenal sebagai Gus Yasin, adalah mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah untuk periode 2018-2023.

Ia menduduki jabatan tersebut sebagai pendamping Ganjar Pranowo.

Lahir di Rembang, Jawa Tengah, pada tanggal 2 Juli 1983, Gus Yasin merupakan putra dari KH. Maimoen Zubair, seorang ulama terkemuka di Jawa Tengah yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Syari’ah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Yasin mengenyam pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ghozaliyah, lalu lanjut di Madrasah Tsanawiyah Ghozaliyah, Rembang, Jawa Tengah, dan sekolah menangah atas di Madrasah Aliyah Al Anwar Sarang, Rembang.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di Universitas Ahmad Kaftaro, Damaskus, Suriah.

Sebelum menjabat sebagai wakil gubernur, Gus Yasin aktif di dunia politik sebagai Wakil Ketua DPW PPP Jawa Tengah pada 2011 dan anggota DPRD Jawa Tengah dari fraksi PPP untuk periode 2014-2019, mewakili Daerah Pemilihan Jawa Tengah 3 yang meliputi Kabupaten Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan.

Gus Yasin juga sempat menjabat sebagai Wakil Bendahara DPP PPP 2016 dan setahun kemudian menjadi Ketua DPP PPP Jawa Tengah periode 2017-2022

Ia juga dikenal sebagai guru di Pondok Pesantren Al-Anwar sejak 2010.

Namanya kian melejit di kancah politik setelah dirinya dipercaya maju sebagai cawagub bersama Ganjar Pranowo pada pilgub 2018 yang berhasil dimenangkannya.

Namun, pada 11 Mei 2023, Gus Yasin mengundurkan diri dari jabatan-nya sebagai Wakil Gubernur Jateng setelah resmi mendaftar menjadi anggota DPD Jawa Tengah.

Kali ini, Gus Yasin kembali maju ke bursa pemilihan kepala daerah Jawa Tengah sebagai calon wakil gubernur mendampingi Irjen Pol Ahmad Luthfi dan didukung oleh 13 partai politik (Golkar, PKB, Gerindra, PAN, Nasdem, PSI, PKS, Demokrat, PPP, Gelora, Partai Buruh, PBB, dan Partai Garuda).

Baca juga: Profil Ahmad Luthfi, calon gubernur Jawa Tengah dari Partai Gerindra

Baca juga: Ahmad Syaikhu, profil dan karier Cagub Jawa Barat 2024

Baca juga: KPK pastikan penyidikan korupsi tidak ganggu jalannya Pilkada

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024