Jakarta (ANTARA) - Partai Gerindra bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) resmi menunjuk Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024.

Hal ini disampaikan oleh Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani dalam jumpa pers di Kompleks Parlemen Jakarta pada Senin, 22 Juli 2024.

Ahmad Luthfi dinilai sebagai sosok yang tepat untuk memimpin Jateng karena reputasinya sebagai Kapolda Jawa Tengah.

Lahir di Surabaya, 22 November 1966, Luthfi bergabung bersama Korps Bhayangkara melalui Sekolah Perwira (Sepa) Militer Sukarela (Milsuk) Polri di tahun 1989 dengan pengalamannya di bidang intelijen keamanan.

Setelah lulus dari Sepa Milsuk Polri, ia melanjutkan pendidikan kepolisian di Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa) Polri pada tahun 2000.

Pada tahun 2005 Luthfi kembali masuk ke lingkungan pendidikan dengan bergabung di Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri pada tahun 2005 dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) pada tahun 2007.

Luthfi sempat menjabat sebagai Wakil Kapolres Solo di tahun 2011, saat Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo dan memiliki hubungan baik dengan Luthfi.

Lima tahun berselang, Luthfi diangkat menjadi Kapolres Solo setelah dipromosikan oleh Markas Besar Polri.

Setelah menghabiskan masa baktinya di Solo, Luthfi kemudian mendapatkan promosi sebagai Analisis Kebijakan Madya Bidang Sosial Budaya Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri pada tahun 2017

Kemudian ia diangkat menjadi Wakil Kapolda Jawa Tengah di tahun 2018 selama dua tahun.

Pria kelahiran Surabaya itu tuntas menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah sejak tahun 2020 hingga Juli 2024, dengan menyandang pangkat Irjen atau Jenderal bintang dua Polri.

Ahmad Luthfi juga telah mengundurkan diri dari jabatan Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Irjen Kemendag) karena mendaftar sebagai calon Gubernur Jawa Tengah.

Dengan rekam jejak yang solid dan pengalaman yang luas di bidang keamanan serta kepolisian, Irjen Pol Ahmad Luthfi dianggap sebagai sosok yang mampu membawa Jawa Tengah menuju masa depan yang lebih baik.

Pengangkatannya sebagai calon gubernur oleh Koalisi Indonesia Maju mencerminkan kepercayaan yang besar terhadap kemampuannya dalam memimpin dan menjaga stabilitas serta kesejahteraan di provinsi tersebut.

Dengan dukungan kuat dari Partai Gerindra dan partai koalisi lainnya, Luthfi diharapkan dapat melanjutkan pengabdiannya kepada masyarakat Jawa Tengah dalam peran yang lebih besar, membawa visi dan program yang dapat meningkatkan kualitas hidup serta mendorong pembangunan yang berkelanjutan di tingkat provinsi.

Baca juga: Wapres terpilih dampingi pendaftaran Ahmad Luthfi-Taj Yasin ke KPU
Baca juga: AHY serahkan rekomendasi dukungan kepada pasangan Luthfi-Taj Yasin

Baca juga: PSI serahkan dukungan kepada pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin


Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024