Jakarta (ANTARA) -
Ahmad Syaikhu, nama yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Jawa Barat. Ia adalah seorang politisi yang telah lama berkiprah di dunia politik dan pemerintahan.
 
Syaikhu bukanlah politisi baru, ia memiliki berbagai jejak politik dengan peran yang penting, mulai dari anggota legislatif hingga wakil walikota. Hal ini membuatnya sangat memahami situasi pemerintahan dan kebutuhan masyarakat.
 
Pada Pilkada Jawa Barat 2024, Ahmad Syaikhu telah maju mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur bersama Ilham Habibie sebagai Calon Wakil Gubernur.
 
Ahmad Syaikhu diusung oleh berbagai partai politik yakni PKS, PPP, dan Nasdem.
 
Berikut ini adalah profil lengkap Ahmad Syaikhu berserta jejak perjalanan politiknya.
 
Profil Ahmad Syaikhu
 
Ahmad Syaikhu lahir di desa Ciledugkulon, Kec. Ciledug, Cirebon, Jawa Barat, pada 23 Januari 1965. Ia berasal dari keluarga yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan pendidikan.
 
Syaikhu menempuh pendidikan dasar di SDN Ciledug III hingga kelas 5, setelah itu ia harus pindah ke SDN Lemahabang II karena kepindahan ayahnya menjadi Kepala Kantor Urusan Agama Sindanglaut Cirebon. Kemudian, lanjut pendidikan ke SMPN Sindanglaut Cirebon dan SMAN Sindanglaut Cirebon.
 
Setelah itu, dirinya melanjutkan pendidikan ke jenjang D3 ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Selain itu, Syaikhu mendapatkan pendidikan agama dari keluarga dan guru besar di Pondok Pesantren Buntet Cirebon.
 
Karier Ahmad Syaikhu dimulai ketika ia menjadi auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumatera Selatan tahun 1986-1989 dan lanjut menjadi auditor BPKP Pusat di Deputi Bidang Pengawasan Keuangan Daerah.
 
Seiring beberapa tahun kemudian, dirinya terpilih sebagai kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 
 
Pemilu 2004, Syaikhu diusung PKS untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kota Bekasi dan dirinya mengundurkan diri BPKB. Selanjutnya, saat Pemilu 2009, Syaikhu terpilih menduduki jabatan anggota DPRPD Provinsi Jawa Barat sebagai Sekretaris Komisi C.
 
Pada tahun 2013, Syaikhu diberikan kepercayaan terpilih menjadi Wakil Walikota Bekasi periode 2013-2018 bersama Rahmat Efendi sebagai Walikota Bekasi.
 
Pilkada Jawa Barat 2018, Ahmad Syaikhu bersama Sudrajat maju untuk mencalonkan diri mereka. Namun, pasangan ini kalah dari Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul dengan suara unggulnya.
 
Saat ini, sejak 2019 Ahmad Syaikhu sedang menjabat sebagai anggota DPR RI di Komisi V dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tahun periode 2020-2025, Syaikhu dipercayai menduduki posisi sebagai Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
 
Dalam bidang lainnya, Syaikhu berperan penting sebagai Dewan Pembina Yayasan Islamic Center IQRO, Pondokgede, salah satu pelopor sekolah islam terpadu. Syaikhu juga mendirikan Asyikpreneur yakni lembaga pemberdayaan wirausaha.
 
Kini namanya kembali mencuat setelah dikabarkan maju dalam Pilkada Jawa Barat 2024 sebagai calon gubernur. Dirinya berharap di Pilkada Jawa Barat 2024 ini terpilih pemimpin Jawa Barat yang profesional, bermartabat dan berintegritas.
 
Profil singkat Ahmad Syaikhu
 
Orangtua
Ayah: K.H Ma’soem bin Aboelkhair
Ibu: Nafi’ah binti Thohir
 
Keluarga
Istri: Lilik Wakhidah
Anak: Muhammad Kamil, Muhammad Yasir Naufal, Sarah Karimah, Muthiah, Izzuddin Hamas dan Aisyah Wafa Syahidah.

Karier
  • Auditor pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan tahun 1986-2004
  • Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi tahun 2004-2009
  • Sekretaris Komisi C DPRD Provinsi Jawa Barat tahun 2009-2012
  • Wakil Walikota Bekasi tahun 2013-2018
  • Anggota DPR RI tahun 2019–2024
  • Presiden PKS tahun 2020-2025
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024