Riyadh, Arab Saudi--(ANTARA/Business Wire)-- Saudi Fund for Development (SFD) merayakan ulang tahun ke-50 di Riyadh hari ini dengan tema "50 Tahun Dampak Global." Acara ini mempertemukan para mitra pembangunan utama untuk memperlihatkan kontribusi signifikan SFD terhadap pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia. Selama lima puluh tahun terakhir, SFD mengalokasikan dana lebih dari $20 miliar untuk lebih dari 800 proyek dan program pembangunan di berbagai sektor penting, termasuk infrastruktur sosial (pendidikan, perawatan kesehatan, air dan pembuangan limbah, perumahan dan pembangunan perkotaan), komunikasi dan transportasi (jalan raya, rel kereta api, bandara dan pelabuhan laut), energi, pertanian, pertambangan dan industri, dan lainnya.

Sejak didirikan pada tahun 1974, SFD telah menjadi bagian dari pembangunan internasional Kerajaan Arab Saudi dan memberikan dukungan penting kepada lebih dari 100 negara yang sedang berkembang. Dengan fokus yang kuat untuk mendukung berbagai negara dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG), SFD berperan penting dalam mendorong pembangunan berkelanjutan di Negara-negara Kurang Berkembang (LDC) dan Negara-negara Kepulauan Kecil yang Sedang Berkembang (SIDS).

Dalam acara ini, Pimpinan SFD, H.E. Ahmed Al-Khateeb, menekankan pentingnya kerja sama untuk mendorong pembangunan global. Beliau menekankan bahwa keberhasilan SFD berakar kuat pada kemitraannya, dengan 27 proyek dan program pembangunan di 23 negara yang sedang berkembang pada tahun 2023 yang dibiayai bersama penyandang dana lainnya. Beliau juga menegaskan perlunya menjalin kemitraan baru dan memperkuat kemitraan yang ada demi menciptakan dunia yang memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk mencapai potensi sepenuhnya.

Dengan mengingat semua pencapaian penting ini, CEO SFD, Mr. Sultan bin Abdulrahman Al-Marshad, berkata: “Di saat merayakan karya berdampak selama lima puluh tahun ini, kini kami lebih berkomitmen untuk mendukung negara-negara yang sedang berkembang dalam mencapai tujuan kemandirian dan ketahanan ekonomi. Tujuan kami adalah memastikan bahwa semua anak dapat bersekolah, bahwa pendidikan bukanlah hak istimewa melainkan sesuatu yang harus dapat dinikmati setiap anak, dan bahwa keluarga mendapatkan layanan kesehatan dan layanan penting yang mendasar. Kami juga berfokus pada pembangunan infrastruktur penting, misalnya membangun jalan dan meningkatkan bandara maupun pelabuhan laut, agar negara-negara dapat berkembang dan terlibat dalam kegiatan ekonomi maupun perdagangan. Pekerjaan ini bukan hanya tentang pendanaan, namun juga meningkatkan kehidupan secara nyata, menciptakan peluang, memberdayakan masyarakat, dan membangun masa depan yang lebih sejahtera.”

Di sela-sela Anniversary Gala ke-50 ini, SFD dan Asian Development Bank (ADB) menandatangani perjanjian baru senilai $25 juta untuk sama-sama mendanai proyek pengembangan energi terbarukan di Kepulauan Solomon. Ini adalah proyek pertama SFD di Kepulauan Solomon. Tujuan utama proyek ini adalah untuk mengembangkan infrastruktur energi terbarukan, mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, dan mendorong pembangunan berkelanjutan di wilayah tersebut.

Perjanjian ini dibuat berdasarkan dampak transformatif SFD selama 50 tahun melalui berbagai proyek pembangunan yang telah menjangkau Afrika, Asia dan Pasifik, Amerika Latin dan Karibia, dan Eropa Timur.

Termasuk berbagai proyek penting seperti Bendungan Metolong di Lesotho dengan pendanaan $25 juta dan kini menyediakan air minum bagi 280.000 orang, meningkatkan ketahanan air maupun kebersihan dan kesehatan masyarakat di wilayah tersebut. Ini hanyalah satu dari 433 proyek di seluruh Afrika, dengan total pendanaan sebesar $11,5 miliar, yang berfokus pada berbagai bidang penting seperti infrastruktur dan ketahanan air.

Di Asia, SFD telah mendanai 271 proyek dengan total pendanaan sebesar $7,8 miliar. Salah satu contoh pentingnya adalah kontribusi SFD terhadap Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Bendungan Mohmand di Pakistan, dengan biaya proyek keseluruhan sebesar $240 juta. Proyek-proyek tersebut berkontribusi terhadap ketahanan energi dan banjir di negara tersebut dengan menghasilkan 800 megawatt energi terbarukan dan menyimpan 1,6 juta meter kubik air.

Di Amerika Latin dan Karibia, SFD telah membiayai 21 proyek senilai total AS$951 juta. Termasuk merehabilitasi Sistem Air dan Pembuangan Limbah di Havana, Kuba, di mana SFD telah mengalokasikan dana $35 juta untuk meningkatkan infrastruktur publik. Inisiatif penting lainnya adalah renovasi St. Jude Hospital di Saint Lucia dengan pendanaan sebesar $75 juta dan akan menyediakan layanan kesehatan bermutu tinggi bagi masyarakat di gedung yang modern dan canggih serta memberikan persediaan maupun peralatan medis yang cukup untuk mendukung pengoperasian yang efektif di rumah sakit ini.

Di Eropa Timur, SFD telah berkontribusi pada 14 proyek dengan total investasi $303 juta. Salah satu inisiatif utamanya adalah pembangunan Jalan Tirana-Elbasan-Chokos-Chalf-Ploce, di mana SFD menyediakan dana $73,8 juta untuk merombak jalan dan jembatan penting demi meningkatkan kegiatan ekonomi regional.

Dalam perayaan tersebut, para pembicara terhormat berbagi wawasan tentang peran penting SFD dalam pembangunan global, dan dalam memperjuangkan kemitraan penting serta tindakan maupun respons bersama. Para pembicara utama adalah:

  • HRH Prince Turki bin Faisal Al Saud, Pendiri dan Wali King Faisal Foundation
  • H.E. Ahmed bin Aqeel Al-Khateeb, Pimpinan Dewan Direksi SFD
  • H.E. Akinwumi Adesina, Presiden African Development Bank Group
  • H.E. Muhammad Al Jasser, Pimpinan Islamic Development Bank

Para pemimpin pembangunan global ini menekankan komitmen SFD untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan di berbagai negara dan masyarakat yang kebutuhan pembangunannya paling mendesak.

Pesta akbar tersebut dihadiri lebih dari 500 orang, termasuk menteri, pimpinan organisasi regional maupun internasional, duta besar, perwakilan organisasi, dan para tamu terhormat lainnya.

Saat menatap masa depan, SFD kembali menegaskan misi dan ikrarnya untuk mendorong upaya pembangunan internasional atas nama Kerajaan Arab Saudi, dan berkontribusi pada stabilitas global, kemajuan sosial, dan kemakmuran ekonomi bagi generasi mendatang.

Catatan untuk editor

Untuk informasi lain, harap hubungi kami di media@sfd.gov.sa
Dapatkan kit media, termasuk materi perayaan tersebut, di tautan: kit media

*Sumber: AETOSWire


Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Abeer Alqahtani
Telepon Seluler: +966580089661

Source: Saudi Fund for Development

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024