Tokyo (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi mengapresiasi keterlibatan Jepang dalam Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield 2024.

“Saya senang kerja sama Indonesia dan Jepang terus berkembang dan semakin memiliki nilai strategis. Keterlibatan militer Jepang dalam Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield 2024 menunjukkan bahwa kerja sama pertahanan kita semakin solid,” katanya di Tokyo, Senin.

Selain latihan bersama, Indonesia dan Jepang juga terus meningkatkan kerja sama pertahanan di berbagai sektor, seperti pengembangan teknologi alat sistem persenjataan utama (alutsista), pengembangan sumber daya manusia (SDM), kontra-terorisme, dan penanganan bencana, katanya.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Latgabma bertaraf internasional bertajuk Super Garuda Shield Tahun 2024 dari 26 Agustus hingga 6 September.

Kegiatan itu melibatkan ribuan prajurit TNI dan personel negara sahabat diantaranya, AS, Australia, Jepang, Singapura, Inggris, Kanada, Thailand, Korsel, Perancis, dan Selandia Baru.

“KBRI Tokyo berkomitmen untuk terus terlibat aktif mendorong kerja sama pertahanan Indonesia – Jepang dalam setiap kegiatan," ujarnya.

Dia meyakini ke depannya, kerja sama strategis pertahanan kedua negara khususnya menyangkut keamanan dan perdamaian di kawasan Asia Pasifik dan dunia semakin terus meningkat, dan memberikan manfaat besar yang konkret, katanya menambahkan.

Personel yang terlibat dalam Latgabma Super Garuda Shield 2024 adalah 2.214 personel negara sahabat.

Sementara itu, TNI menerjunkan 4.732 personel dari tiga matra (TNI AD, AU dan AL).

Jepang dalam Latgabma Super Garuda Shield 2024 menurunkan 244 personil dan lima observer

Latihan digelar di beberapa tempat yakni Puslatpur 5 Marinir Karang Tekok, Pantai Banongan, Puslatpur TNI AD Baturaja, Bengkok Alas, serta Dodiklatpur Kodam V/Brawijaya.

Materi latihan gabungan Super Garuda Shield 2024 ini terdiri dari prosedur pengambilan keputusan kepemimpinan dan perintah operasi (staffex), identifikasi, pengamanan, pertahanan dari ancaman Siber (cyberex), airborn ops, cargo delivery system, joint strike, serta jungle ftx.

Selain itu juga terdapat materi aktivitas Military Free Fall Infiltrasi dan Air Assault (special operation force
/SOF), operasi amfibi yang dilakukan prajurit marinir (amphibious operation), pembangunan sarana dan prasarana desa (engineer civil action project ) dan latihan tembakan amunisi tajam terintegrasi antar kecabangan (combine arm life fore exercise/CALFEX).

Baca juga: SGS Garuda Shield 2024 di Baturaja hadirkan 200 penerjun dari 3 negara
Baca juga: Alutsista AS tiba di Banyuwangi dalam rangka Latgabma SGS

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024