Pertama, pacu akselerasi sertifikasi halal di sektor hulu,
Kota Serang, Banten (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memaparkan tiga strategi untuk memperkuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar dapat menembus pasar global.


"Pertama, pacu akselerasi sertifikasi halal di sektor hulu," kata Wapres dalam sambutannya pada acara Sosialisasi, Pendampingan, dan Pendaftaran Sertifikasi Halal bagi 1.000 Usaha Mikro di Provinsi Banten Tahun 2024 di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Banten, Selasa.

Ia menyampaikan percepatan sertifikasi halal di hulu tersebut akan mendorong proses sertifikasi halal di sektor hilir.

Untuk itu, Wapres menekankan pentingnya sertifikasi halal bahan baku yang diprioritaskan, terutama daging.

Menurutnya, percepatan sertifikasi halal rumah potong hewan ruminansia dan unggas akan menjamin kehalalan pasokan daging yang digunakan industri UMKM.

"Kedua, perkuat ekosistem industri halal hingga ke daerah terpencil untuk meningkatkan aksesibilitas UMKM," ujar Wapres.

Oleh karena itu, ia meminta peningkatan jumlah lembaga pemeriksa halal dan sumber daya pendukung seperti asesor dan auditor halal, melalui pemberian insentif serta fasilitasi sertifikasi halal gratis bagi UMKM di daerah.

Selain itu, Wapres menegaskan bahwa sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus diperkuat dalam upaya optimalisasi kawasan industri halal (KIH) dan peningkatan layanan sertifikasi halal di wilayah.

"Ketiga, luncurkan program-program inovasi dan kemitraan antara pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam mengakselerasi UMKM industri halal go global," ucapnya.

Kemitraan tersebut, lanjut Wapres, perlu dijalin dalam pengembangan skema pembiayaan khusus, pelatihan dan pendampingan, fasilitasi ekspor produk UMKM hingga menumbuhkan pusat-pusat inkubasi usaha syariah di berbagai daerah.

"Dengan demikian, UMKM industri halal diharapkan dapat mengambil peran penting dalam rantai nilai halal global," katanya.

Mengakhiri sambutan, Wapres mengharapkan upaya percepatan sertifikasi halal dan penguatan UMKM dapat bertransformasi lebih baik sehingga membawa dampak nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024