Jakarta (ANTARA) - Jumlah kunjungan wisatawan China ke Indonesia terus meningkat dan mencapai rekor tertinggi sejak pandemi COVID-19 pada Juli 2024.

Jumlah kunjungan wisatawan China ke Indonesia mencapai 126,1 ribu pada Juli 2024 berdasarkan laporan terbaru Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat sebagai yang tertinggi sejak Februari 2020.

Akademisi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Chusmeru menyebut salah satu pendorong peningkatan wisatawan China berasal dari anak muda China yang tertarik berwisata ke Indonesia untuk aktivitas petualangan, alam, dan kebudayaan. Tingginya jumlah wisatawan muda tersebut memberi keuntungan tersendiri.

"Mereka (wisatawan muda) cenderung memiliki banyak pilihan destinasi untuk dikunjungi sehingga ini akan memengaruhi lama tinggal dan pengeluaran yang semakin tinggi," katanya saat dihubungi Xinhua.

Meski tren kunjungan wisatawan China menunjukkan pemulihan, capaiannya masih jauh di bawah kondisi normal sebelum pandemi COVID-19. Jumlah kumulatif Januari-Juli 2024 tercatat 695 ribu kunjungan atau hanya sekitar 60 persen dari capaian pada periode yang sama pada 2019.

Pemerintah didorong untuk lebih aktif menyusun berbagai kebijakan yang dapat menarik lebih banyak wisatawan China. Chusmeru menyarankan pemerintah untuk meningkatkan frekuensi penerbangan langsung yang menghubungkan kedua negara tersebut, memberikan pembebasan visa, meningkatkan pameran wisata di China, melakukan inovasi paket perjalanan wisata, serta memperbanyak kegiatan di lokasi wisata yang bisa menarik minat wisatawan China.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies/ASITA) Budijanto Ardiansjah menyebut meski ada kenaikan permintaan perjalanan wisata dari wisatawan China, lokasi wisata masih didominasi oleh beberapa destinasi populer seperti Bali, Labuan Bajo, dan Jakarta.

Selain itu, sejumlah hal masih perlu dilakukan pemerintah untuk mendongkrak lebih banyak kunjungan dari China.

"Perlu promosi yang lebih intens dibarengi dengan jaminan keamanan dan kenyamanan serta harga yang kompetitif," kata Budijanto.

Pemerintah Indonesia saat ini sedang menyusun kebijakan pembebasan visa untuk 20 negara termasuk di antaranya China. Pemerintah menargetkan total kunjungan wisatawan China ke Indonesia bisa mencapai 1,5 juta tahun ini.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024