Jakarta (ANTARA) - Emil Elestianto Dardak kembali maju sebagai calon wakil gubernur (cawagub) mendampingi inkumben Khofifah Indar Parawansa pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024.

Nama Emil direkomendasikan mendampingi Khofifah, khususnya oleh Partai Demokrat. Kedua pasangan bakal cagub-cawagub Pilkada 2024 Jatim telah mengantongi dukungan dari 15 partai politik, yakni Gerindra, Golkar, Demokrat, NasDem, Perindo, PAN, PKS, PPP, PSI, PKN, PBB, Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Garuda, dan Partai Prima.

Emil, yang juga calon inkumben, terakhir menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, setelah sebelumnya dipercaya menjadi Bupati Trenggalek dalam usia yang cukup muda. Berikut profil Emil bakal cawagub Jawa Timur di Pilkada 2024:

Emil Elestianto Dardak atau yang akrab disapa Emil Dardak lahir di Jakarta pada 20 Mei 1984. Ia memiliki rekam jejak pendidikan yang baik, menyelesaikan sejumlah gelarnya di beberapa kampus di luar negeri atau study abroad dengan beasiswa.

Di usianya yang ke 22 tahun, Emil menyelesaikan studi S3-nya dan memperoleh gelar Doktor di Jurusan Ekonomi Pembangunan dari Ritsumeikan Asia Pacific University, Jepang.

Baca juga: Sejumlah partai nonparlemen dukung Khofifah-Emil

Sebelum memasuki bidang politik, Emil pernah berkarier sebagai eksekutif muda dan seorang musisi. Salah satu lagu berjudul "Maaf" diciptakannya pada sekitar 2010.

Emil memulai karier politiknya saat mendaftarkan diri bersama Mochamad Nur Arifin menjadi pasangan calon bupati dan wakil bupati Trenggalek pada Pilkada 2015 yang diusung oleh 7 partai politik, yakni Partai Demokrat, PAN, Golkar, Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Hati Nurani Rakyat, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Emil dan Mochamad Nur Arifin terpilih sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek periode 2016-2019. Saat itu, ia dan wakilnya tercatat sebagai pasangan bupati dan wakil bupati termuda.

Setelah itu, karier politiknya terus berlanjut dan pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2018 ia terpilih mendampingi Khofifah Indar Parawansa memimpin Jawa Timur.

Emil Dardak merupakan anak dari pasangan Hermanto Dardak dan Sri Widayanti. Ayahnya, mendiang Hermanto Dardak, merupakan Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2009-2014, demikian merangkum dari berita-berita Antaranews dan sumber lain.

Baca juga: Khofifah-Emil telah kantongi dukungan 14 parpol pada Pilkada Jatim

Keluarga
Istri: Arumi Bachsin Emil Dardak
Anak: Lakeisha Ariestia Dardak, Alqeinan Mahsyirputro Dardak

Riwayat Pendidikan
  • Diploma Jurusan Perdagangan di Melbourne Institute of Business Technology (MIT), Australia tahun 2001
  • S1 Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen di University of Wales, Cardiff, Wales, Inggris tahun 2004
  • S2 dan S3 di Ritsumeikan Asia Pasific University, Japan in Economy tahun 2007

Karier profesional
  • Infrastructure Economist & Financial Specialist Consultant, World Bank Office Jakarta (2006-2010)
  • Chief Business Development & Communication Pt Penjamin Infrastruktur Indonesia (Persero) (2011-2015)
  • Bupati Trenggalek (2016-2019)
  • Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) (2016-2020)

Prestasi
  • World Bank Green Award for Geothermal from World Bank (2011).
  • Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Madya 2016 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (2016)
  • Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Madya 2016 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia (2016)
  • International Council for Small Business (ICSB) Indonesia City Award 2017 Bersama Kementerian Koperasi dan UMKM RI (2017)
  • Enterpreneur Award 2017 dari Philip Kotler Center for ASEAN Marketing dan Markplus Inc (2017).
Baca juga: Khofifah-Emil jalani pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Soetomo

Baca juga: Khofifah-Emil daftar ke KPU Jatim diarak dengan kirab budaya

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024