Projek terbaru saat ini adalah pembangunan LRT di Jakarta dengan menggandeng atau bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan...,
Bandung (ANTARA) -
ASEAN Railway CEO (ARCEOs') Conference ke-44 di Bandung pada hari Selasa (3/9/2024) ini, mendapatkan paparan soal teknologi dan keberlanjutan dari Progress Rail Locomotive dan PT Industri Kereta Api (INKA) pada agenda Plenary Meeting.


Paparan Progress Rail Locomotive, dibawakan oleh Managing Director Asia Pacific Progress Rail Locomotive Matthew Dunwoodie yang membicarakan tentang sejarah anak usaha Caterpillar tersebut selama lebih dari 40 tahun hingga menjadi produsen mesin diesel terbesar di dunia dan berkembang ke produk jalur rel, sistem persinyalan, hingga gerbong barang.

Seiring perkembangan waktu, Progress Rail Locomotive, kata Matthew, menghadirkan berbagai teknologi yang mengusung tema keberlanjutan, salah satunya lokomotif Electro Motive Diesel (EMD) yang dilengkapi dengan sistem otomatisasi kereta Talos yang membantu mencegah rel anjlok dan gangguan misi, memberikan keamanan dan menghemat bahan bakar.

"Sejauh ini adalah satu-satunya pengendali mesin berbasis kecerdasan buatan di industri pengangkutan yang sudah berjalan kurang lebih tiga tahun dan tidak ada kerusakan," katanya.

Matthew mengatakan, mereka juga menawarkan teknologi pencatat kejadian menggunakan sensor untuk mendeteksi dan memantau potensi hambatan yang membantu pencegahan anjlok.

Serta mereka menyediakan lokomotif hibrida dengan baterai listrik sebagai energi alternatif.

"Intinya kami berinvestasi pada otomatisasi dan optimalisasi generasi berikutnya untuk meningkatkan kapasitas rel, menjaga semua orang tetap aman dan membangun masa depan yang lebih berkelanjutan," katanya.

Di lokasi yang sama, International Marketing Specialist PT INKA Wiwid Alfrianto mengungkapkan, perusahaan plat merah yang didirikan pada 1981 tersebut bersama PT KAI telah membangun berbagai prasarana, seperti LRT, MRT di Jabodetabek dan berbagai kereta api dari banyak lokasi di Indonesia.

PT INKA juga telah mengekspor lokomotif ke berbagai negara di sekitar, seperti Filipina, Bangladesh dari tahun 2005, Malaysia, Singapura, bahkan ke Selandia Baru dan Australia.

"Projek terbaru saat ini adalah pembangunan LRT di Jakarta dengan menggandeng atau bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan, serta memantapkan sarana prasarana di Jabodebek juga, dengan harapannya agar melebarkan sayap di berbagai daerah," ujarnya.

"Kami selalu menjaga mutu kualitas, meningkatkan inovasi, dan pengembangan dengan mengecek standardisasi produk yang dibuat, melakukan quality check berkali-kali, dan menjamin produk dapat sesuai dengan kebutuhan," tutur dia.

Sementara itu, CEO PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo menyampaikan keyakinannya bahwa konferensi ini tidak hanya akan memperkuat kerja sama antar operator perkeretaapian, tetapi juga mendorong keberlanjutan dan inovasi digital dalam semangat persatuan ASEAN.

"Terima kasih atas kemitraan dan dedikasi Anda semua terhadap industri perkeretaapian. Bersama-sama, kita dapat membangun masa depan di mana perkeretaapian menghubungkan negara-negara ASEAN dan mendukung pertumbuhan dan keberhasilan ASEAN," ujarnya.

Dalam plenary meeting tersebut juga CEO PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo dipilih menjadi Chairman ASEAN Railway CEO (ARCEOs') Conference ke-44, menggantikan GM Philippine National Railways, Atty. Celeste D. Lauta, yang menjabat Chairman di edisi sebelumnya.

Didiek, didampingi oleh GCEO Keretapi Tanah Melayu Berhard (KTMB) Datuk Mohd Rani Hisham Samsudin sebagai vice chairman dalam ARCEOs' Conference ke-44.

Kemudian dibuat dua grup kerja yang terdiri dari marketing dan operasional (grup 1) dan teknikal (grup 2) dengan masing-masing grup dipimpin chairperson dan vice chairperson.

Untuk chairperson grup pertama diisi oleh Dani Satriana (PT KAI) dan vice chairperson Hezri Arifin (KTMB). Sementara grup kedua diisi oleh M Alifudin (PT KAI) sebagai chairperson dan Mohammad Afiq Kamarulzaman (KTMB) sebagai vice chairperson.

Lalu dipilih Ketua Drafting Komite yang diisi Diki Arisika (PT KAI), sementara asisten dan anggota Drafting Komite diisi oleh perwakilan dari perusahaan operator kereta api di seluruh ASEAN.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024