Melalui Museum Timah Indonesia, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya industri timah dalam perkembangan sejarah dan ekonomi Indonesia
Pangkalpinang (ANTARA) - PT Timah Tbk menjadikan Museum Timah Indonesia (MTI) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai sarana edukasi pertimahan masyarakat, sehingga memiliki kepedulian tinggi terhadap pelestarian sejarah dan budaya.

"Museum ini menjadi simbol dan komitmen PT Timah untuk terus berkontribusi bagi masyarakat, tidak hanya dalam aspek ekonomi tetapi juga dalam aspek pendidikan dan pelestarian budaya," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan Museum Timah Indonesia di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Babel tidak hanya dikenal sebagai entitas perusahaan tambang terbesar di Indonesia, tetapi juga menjadi salah satu daya tarik wisata lokal, domestik dan mancanegara di Kota Beribu Senyuman ini.

"Pesona MTI di Pangkalpinang memiliki beragam koleksi tentang penambangan timah di Indonesia dan Bangka Belitung sehingga menambah wawasan bagi para pengunjung," katanya.

MTI ini memiliki berbagai koleksi yang menarik, seperti miniatur kapal penambangan timah, peralatan penambangan timah, bor tambang peninggalan Belanda, lokomotif klasik, diorama, relief sejarah pertambangan timah dan lainnya.

“Melalui Museum Timah Indonesia, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya industri timah dalam perkembangan sejarah dan ekonomi Indonesia. Museum ini juga merupakan bentuk tanggung jawab kami untuk menjaga warisan budaya dan sejarah yang telah menjadi bagian dari identitas Bangka Belitung,” katanya.

Baca juga: Pengunjung Museum Timah Indonesia di Pangkalpinang capai 13.883 orang

Sejarawan dan Budayawan Bangka Belitung Akhmad Elvian mengatakan keberadaan Museum Timah yang didirikan PT Timah merupakan bentuk komitmen PT Timah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang sejarah timah di Indonesia.

"PT Timah sudah mendirikan dua museum timah, Museum Timah Indonesia Pangkalpinang dan Museum Timah Indonesia Mentok. Bahkan dulu ada rencana untuk membangun museum di Sungailiat dan Belinyu. Ini bentuk perhatian PT Timah untuk mencerdaskan dan mengedukasi masyarakat secara luas" katanya beberapa waktu lalu.

Menurut dia, museum memiliki banyak fungsi seperti edukasi, inspirasi dan rekreasi. Sehingga keberadaan museum penting untuk melestarikan memori sejarah.

Museum sebagai sarana edukasi, dimana para pengunjung dapat melihat koleksi memori sejarah dan daerah, generasi muda bisa terus belajar tentang sejarah timah, teknologi, tokoh yang berperan di pertimahan dan legenda timah di Bangka.

Sebagai fungsi inspirasi, kata Akhmad Elvian dengan melihat sistem penambangan timah yang sudah ada, teknologi dari tahun ke tahun membuat orang terinspirasi untuk membuat hal-hal yang baru atau mengadopsi dari yang sudah ada.

"Museum juga punya fungsi rekreasi, karena bangunannya juga bersejarah. Bisa menjadi destinasi wisata bagi yang berkunjung ke Pangkalpinang," katanya.

Baca juga: Museum Timah Indonesia Pangkalpinang hadirkan teknologi VR kapal keruk
Baca juga: MTI Mentok tingkatkan wawasan pelajar melalui berbagai lomba

Pewarta: Aprionis
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024