Kami mengakui bahwa alokasi pembangunan untuk Papua (seluruh Papua) memang menjadi prioritas dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat
Sentani (ANTARA) - Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Sulaeman L Hamzah menyatakan pembangunan Papua menjadi prioritas pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 10 tahun terakhir.

“Kami mengakui bahwa alokasi pembangunan untuk Papua (seluruh Papua) memang menjadi prioritas dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat,” kata Anggota Komisi IV DPR RI Sulaeman L Hamzah di Sentani, Selasa.

Program kegiatan untuk Papua, kata dia, negara menitipkan melalui kementerian dan lembaga sebagaimana diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Baca juga: Menkominfo: Pembangunan Papua kunci wujudkan visi Indonesia Maju

“Ini sebuah langkah besar yang diambil Bapak Presiden Jokowi untuk terobosan, terpadu, tepat, fokus, dan sinergi antar-kementerian/lembaga dalam sebuah proses percepatan pembangunan di Tanah Papua,” ujarnya.

Dia menjelaskan Inpres Nomor 9/2020 tersebut sejauh ini memang belum terlalu maksimal dampaknya bagi percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua.

“Kami berharap ada aturan baru lagi untuk mendukung percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua saat presiden terpilih Bapak Prabowo melanjutkan program untuk Papua tersebut,” katanya.

Baca juga: Wamendes harap masyarakat adat dilibatkan pada pembangunan Papua

Dia menambahkan kesejahteraan bagi masyarakat asli Papua menjadi poin penting dalam setiap kepemimpinan presiden baik yang terdahulu maupun yang akan datang, sehingga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Papua terus tumbuh.

“Kami sangat berharap pada kepemimpinan presiden baru, Tanah Papua menjadi prioritas percepatan pembangunan di segara sektor, sehingga manusia di daerah ini dapat hidup layak dengan potensi sumber daya alam yang dimiliki dengan dibekali kemampuan lapangan dan pendidikan,” ujar Sulaeman L Hamzah.

Baca juga: Pemerintah konsisten kawal percepatan pembangunan di Papua Pegunungan

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024