Jakarta (ANTARA) - Bek tengah yang dididik di akademi sepak bola Barcelona La Masia, Sergi Dominguez, bangga bisa mencatatkan debut bersama tim utama Barcelona yang dilatih Hans-Dieter "Hansi" Flick.

"Saya bangga dan sangat senang. Saya mengapresiasi semua yang memungkinkan ini terjadi," ujar Sergi dikutip dari laman resmi Barcelona di Jakarta, Selasa.

Penampilan perdana Sergi untuk Barcelona tersebut terjadi saat mereka menghadapi tim tamu Real Valladolid di La Liga, Sabtu (31/8).

Pada laga yang dimenangkan Barcelona dengan skor 7-0 itu, Sergi masuk pada babak kedua. Dia menggantikan Pau Cubarsi, pemain bertahan berumur 17 tahun yang juga ditempa di La Masia.

Dengan demikian, pada musim 2024/2025, Hansi Flick sudah memberikan debut kepada empat pemain muda binaan Barcelona.

Selain Sergi Dominguez, sebelumnya ada Marc Bernal, Gerard Martin, dan Pau Victor. Ketiga nama tersebut menorehkan penampilan perdananya di La Liga bersama Barcelona ketika melawan Valencia pada laga pertama musim 2024/2025. Saat itu, Barcelona menang dengan skor 2-1.

Di tengah belitan persoalan keuangan, Barcelona banyak mengandalkan pemain-pemain muda untuk mengarungi musim 2024/2025.

Tercatat hanya ada tiga pemain Barcelona pada musim ini yang usianya di atas 30 tahun yakni Robert Lewandowski (36 tahun), Marc-Andre ter Stegen (32 tahun), dan Inigo Martinez (33 tahun).

Baca juga: Klasemen Liga Spanyol: Barca mulus, Madrid kembali ke jalur kemenangan Sementara pemain termuda Barcelona berumur 17 tahun yakni bek tengah Pau Cubarsi, penyerang sayap Lamine Yamal dan gelandang bertahan Marc Bernal. Uniknya, ketiga pemain tersebut sangat diandalkan Hansi Flick sejauh ini.

Cubarsi dan Yamal selalu berlaga di empat pertandingan Barcelona di La Liga 2024/2025. Bernal sejatinya juga demikian andai tidak mengalami cedera lutut pada laga ketiga menghadapi Rayo Vallecano yang membuatnya harus absen beberapa bulan ke depan.

Performa yang padu antara pemain senior dan junior membuat Barcelona mampu menyapu bersih empat pertandingan awal La Liga 2024/2025 dengan kemenangan.

Hal itu membuat mereka memimpin klasemen sementara La Liga dengan 12 poin. Barcelona berada tepat di atas rivalnya Real Madrid yang mengoleksi delapan poin dari empat laga.

Baca juga: Atletico Madrid butuh gol menit akhir untuk kalahkan Bilbao
Baca juga: "Hattrick" Raphinha bawa Barcelona tundukkan Valladolid 7-0


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024