Jakarta (ANTARA) - Pembalap Gresini Racing Federal Oil Marc Marquez mengatakan kecepatan dan kenyamanan motor Ducati Desmosedici GP23 menjadi kunci kemenangannya pada MotoGP seri ke-12 2024 di Sirkuit Aragon, Spanyol pada akhir pekan ini.

Pembalap berjuluk Baby Alien yang mencatatkan waktu 41 menit 47,082 detik itu bahkan tidak menemui kendala sejak memulai balapan dari posisi terdepan. Di belakang Marquez secara berurutan terdapat pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin dan Red Bull Gasgas Tech 3 Pedro Acosta yang mengamankan podium.

Usai balapan, Marc Marquez yang meraih kemenangan pertama setelah tiga tahun atau 1.043 hari merasa sangat tersanjung sekaligus terharu dengan dukungan para penggemar di Spanyol.

"Balapan yang luar biasa, apalagi menang di depan para penggemar. Jalannya balapan memang sangat sulit tetapi bisa punya motor yang kencang, didukung fokus yang penuh di atas motor terutama di lap terakhir," kata Marc dalam siaran pers Federal Oil pada Selasa.

"Bagaimanapun juga saya bisa mengatur jarak, apalagi saya makin nyaman dan punya performa lebih bila diperlukan di tengah balapan," katanya.

Pihak Federal Oil pun mengapresiasi konsistensi pembalap Ducati Marc Marquez yang meraih kemenangan perdananya bersama Gresini Racing. Marquez terakhir kali meraih kemenangan saat masih membela Repsol Honda di MotoGP Emilia Romagna 2021.

Sejak bergabung bersama Gresini Racing pada awal musim 2024, Marc kembali tampil percaya diri dengan mengandalkan Ducati Desmosedici GP23. Sebagai catatan, Marc telah meraih enam kali podium di Sprint Race, lima kali podium di Main Race, dan dua kali pole position sepanjang musim 2024.

"Marc Marquez tampil luar biasa dengan konsisten meraih posisi pertama sepanjang sesi free practice sampai dengan main race di MotoGP Aragon 2024," kata Rommy Averdy Saat selaku Market Development General Manager ExxonMobil Lubricants Indonesia (Federal Oil).

"Marc mampu tampil makin nyaman dengan menjaga ritme balapan sehingga bisa meraih podium kemenangan di sesi sprint race dan main race. Federal Oil memberikan apresiasi atas capaian prestasi yang untuk pertama kalinya didapatkan bersama Tim Gresini Racing yang didukung penuh oleh Federal Oil," kata dia

Baca juga: Pedro Acosta senang kembali naik podium MotoGP

"Kemenangan ganda di MotoGP Aragon kali ini semoga bisa menjadi pemacu Marc Marquez dalam menghabiskan sisa musim 2024 ini untuk meraih titel Juara Dunia MotoGP 2024," tutur Benny.

Di sisi lain, Alex Marquez mengalami insiden usai bersenggolan dengan pembalap Ducati lain saat perebutan posisi tiga. Kendati tak mengalami cedera parah namun Alex kehilangan poin penting yang membuatnya berada di posisi 10 klasemen sementara MotoGP 2024 dengan 104 poin.

Sedangkan Marc Marquez naik peringkat dan berada di posisi tiga klasemen sementara MotoGP 2024 dengan 229 poin.

Pada September ini masih ada tiga balapan yang berjarak sangat dekat, MotoGP San Marino pada 8 September, MotoGP Emilia Romagna pada 22 September, dan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika pada 27-29 September.

Dikutip dari laman MotoGP berikut klasemen MotoGP usai GP Aragon 2024:
1. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) - 299 poin
2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) - 276 poin
3. Marc Marquez (Gresini Racing) - 229 poin
4. Enea Bastianini (Ducati Lenovo) - 228 poin
5. Pedro Acosta (Red Bull Gas Gas) - 148 poin
6. Brad Binder (Red Bull KTM) - 145 poin
7. Maverick Vinales (Aprilia Racing) - 139 poin
8. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) - 118 poin
9. Fabio Di Giannanotonio (Pertamina Enduro VR46) - 113 poin
10. Alex Marquez (Gresini Racing) - 104 poin

Baca juga: Francesco Bagnaia menilai Alex Marquez sengaja menabraknya
Baca juga: Orang-orang tercinta di balik kemenangan Marc Marquez di Aragon

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024