Jakarta (ANTARA) - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar lomba karya jurnalistik sebagai wadah apresiasi kepada wartawan yang selama ini aktif menyebarkan informasi keuangan haji.

"Kami ingin membuat suatu wadah apresiasi kepada jurnalis secara khusus dan masyarakat pada umumnya dalam menyebarkan pemberitaan, dan meningkatkan literasi tentang penyelenggaraan ibadah haji," ujar Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah di Jakarta, Selasa.

Baca juga: BPKH pastikan dana haji aman dan terkelola dengan baik

Menurut Fadlul, lomba karya jurnalistik ini sebagai bagian dalam rangka penguatan citra positif terhadap kebijakan, kinerja, dan program pemerintah di sektor pengelolaan keuangan haji.

Selain itu, ajang tersebut menjadi salah satu rangkaian pelaksanaan ulang tahun ke-7 BKPH RI. Anugerah jurnalistik ini menjadi yang pertama yang diselenggarakan BPKH.

"Dengan adanya kegiatan ini, kita mengumpulkan karya-karya terbaik untuk memberikan gambaran kepada calon jamaah haji Indonesia bagaimana penyelenggaraan haji berlangsung," kata dia.

Ia menjelaskan pendaftaran lomba karya jurnalistik dimulai 3 September hingga 31 Oktober 2024. Adapun total hadiahnya mencapai Rp180 juta.

"Kategori lombanya kita bagi tiga, pertama jurnalistik feature, fotografi dan film pendek," katanya.

Baca juga: BPKH tegaskan Program Kemaslahatan tak pakai dana setoran awal haji

Baca juga: Jaga akuntabilitas dana haji, BPKH raih predikat WTP ke-6 beruntun


Perihal tema, BPKH membatasi kepada dua sub. Pertama, peran BPKH dalam ekosistem haji Indonesia. Kedua, perihal semua bisa haji. Maka dari itu, ia mengajak kepada jurnalis media massa dan kampus untuk meramaikan anugerah tersebut.

Menurut Fadlul, para pemenang akan diumumkan pada 12 Desember 2024, berbarengan dengan perayaan HUT ke-7 BPKH. Untuk pendaftaran, calon peserta dapat mengaksesnya melalui laman media sosial BPKH.

"Di akhir tahun, setelah semuanya berproses ini akan menjadi salah satu rangkaian milad BPKH pada Desember," katanya.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024