Hingga saat ini, total kendaraan di wilayah Bali yang telah mendapatkan kode QR mencapai 81.880 kendaraan
Denpasar, Bali (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga membagikan tips pendaftaran kode QR untuk pembelian bahan bakar minyak penugasan jenis Pertalite khusus untuk roda empat di Bali.

"Semua dokumen harus jelas bisa terlihat dan terbaca pada saat memfoto," kata Manajer Komunikasi, Relasi, dan CSR Pertamina Patra Niaga Ahad Rahedi di Denpasar, Bali, Selasa.

Selanjutnya, lanjut dia, kualitas dokumennya juga perlu diperhatikan yakni tidak ada yang rusak dan kabur tulisannya, sehingga semua data dapat terbaca.

Sebelum mengunggah, masyarakat harus menyiapkan dokumen yakni STNK, KTP, dan foto kendaraan yang tampak samping dan depan dengan memperlihatkan nomor polisi kendaraan.

"Ada yang pada saat mencoba langsung berhasil dapat QR code, ada yang harus merevisi berkali-kali karena kurang cermat dalam mengunggah dokumen yang harus disiapkan," katanya.

Pihaknya menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan dibantu verifikasi apabila tidak dapat terbaca sempurna, maka akan dikembalikan sehingga hal itu yang akan memakan waktu.

Ahad melanjutkan jika masyarakat merasa kesulitan, pihaknya menyediakan layanan konsultasi di seluruh SPBU dan beberapa gerai yang dibuka baik kerja sama dengan pemerintah daerah maupun mandiri.

"Bagi yang kesulitan silakan mendatangi SPBU terdekat maupun gerai subsidi tepat yang tersedia di area publik," ucapnya.

Hingga saat ini, total kendaraan di wilayah Bali yang telah mendapatkan kode QR mencapai 81.880 kendaraan.

"Animo pendaftar sebenarnya jauh lebih banyak dari itu, namun masyarakat harus teliti dalam mengunggah dokumen, ketepatan dan kecermatan menjadi kunci," katanya.

Sementara itu, Kantor Pertamina Cabang Bali juga mendirikan gerai untuk pendaftaran kode QR BBM subsidi itu yang banyak didatangi masyarakat untuk mendaftar.

"Pelayanannya baik, tadi pada saat pendaftaran sempat ada kendala tetapi sudah dibantu dan saat ini masih menunggu verifikasi," kata konsumen Pertalite, Komang Sudi Merta.

Konsumen lainnya yakni I Nyoman Asa juga mendaftarkan nomor kendaraannya dan berhasil mendapatkan kode QR.

Baca juga: Pertamina minta konsumen mobil Pertalite di Bali segera daftar QR Code
Baca juga: Menteri ESDM sebut akan kurangi kuota BBM Premium di Jawa-Madura-Bali
Baca juga: Pertamina mewajibkan pembelian biosolar gunakan kode QR di Bali


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024