Ramallah, Palestina (ANTARA) - Kementerian Kesehatan di Gaza mengumumkan pada Senin (2/9) malam bahwa hampir 159.000 anak telah menerima vaksin polio di wilayah tengah Jalur Gaza.

"Tim medis berhasil memvaksinasi 158.992 anak dalam dua hari pertama kampanye vaksinasi polio di Gaza," ujar Kementerian Kesehatan dalam sebuah pernyataan.

Mereka menambahkan bahwa pada hari kedua kampanye, jumlah warga yang membawa anak-anak mereka untuk divaksinasi di wilayah tengah Gaza meningkat secara signifikan.

Menurut tim medis yang mengawasi kampanye vaksinasi di pusat-pusat vaksinasi di Deir al-Balah, ratusan anak yang menerima vaksin menunjukkan tanda-tanda kelelahan dan malnutrisi akibat kondisi sulit yang mereka alami selama hampir 11 bulan terakhir akibat perang Israel di Jalur Gaza.

Pentingnya kampanye ini ditekankan setelah terkonfirmasi kasus polio pertama di Gaza dalam waktu 25 tahun terakhir, yang terjadi pada seorang anak berusia 10 bulan, pada bulan lalu.

Pada 16 Agustus, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan gencatan senjata kemanusiaan selama tujuh hari untuk memungkinkan vaksinasi terhadap 640.000 anak, permintaan yang didukung oleh UNRWA.

Kampanye vaksinasi polio ini berlangsung di tengah serangan militer Israel yang terus berlanjut di Gaza, yang telah menyebabkan lebih dari 40.700 kematian warga Palestina dan lebih dari 94.000 cedera sejak 7 Oktober tahun lalu.

Sumber : Anadolu

Baca juga: WHO : Periode vaksinasi polio Gaza 'tak cukup' capai cakupan memadai
Baca juga: PBB meluncurkan kampanye vaksinasi polio untuk anak-anak di Gaza

Baca juga: Vaksinasi polio dimulai di Gaza dengan target 640 ribu anak

Penerjemah: Primayanti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024